Page 40 - Bimbingan Karir Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir
P. 40
• Memiliki sikap positif atau respek terhadap diri
sendiri dan orang lain.
• Memiliki kemampuan untuk melakukan pilihan
secara sehat
• Bersikap respek terhadap orang lain, menghormati
atau menghargai orang lain, tidak melecehkan martabat
atau harga dirinya.
• Memiliki rasa tanggung jawab, yang diwujudkan dalam
bentuk komitmen terhadap tugas atau kewajibannya.
• Memiliki kemampuan berinteraksi sosial (human
relationship), yang diwujudkan dalam bentuk hubungan
persahabatan, persaudaraan, atau silaturahim dengan
sesama manusia.
• Memiliki kemampuan dalam menyelesaikan konflik
(masalah) baik bersifat internal (dalam diri sendiri)
maupun dengan orang lain.
• Memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan
secara efektif.
2. Tujuan bimbingan dan konseling yang terkait dengan
aspek akademik (belajar) adalah :
• Memiliki kesadaran tentang potensi diri dalam aspek
belajar, dan memahami berbagai hambatan yang
mungkin muncul dalam proses belajar yang dialaminya.
• Memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif,
seperti kebiasaan membaca buku, disiplin dalam
belajar, mempunyai perhatian terhadap semua
pelajaran, dan aktif mengikuti semua kegiatan belajar
yang diprogramkan.
• Memiliki motif yang tinggi untuk belajar sepanjang
hayat.
Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir 27