Page 41 - Bimbingan Karir Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir
P. 41
• Memiliki keterampilan atau teknik belajar yang efektif,
seperti keterampilan membaca buku, mengggunakan
kamus, mencatat pelajaran, dan mempersiapkan diri
menghadapi ujian.
• Memiliki keterampilan untuk menetapkan tujuan
dan perencanaan pendidikan, seperti membuat jadwal
belajar, mengerjakan tugas-tugas, memantapkan diri
dalam memper-dalam pelajaran tertentu, dan berusaha
memperoleh informasi tentang berbagai hal dalam
rangka mengembang-kan wawasan yang lebih luas.
• Memiliki kesiapan mental dan kemampuan untuk
menghadapi ujian.
3. Tujuan bimbingan dan konseling yang terkait dengan
aspek karir adalah :
• Memiliki pemahaman diri (kemampuan, minat dan
kepribadian) yang terkait dengan pekerjaan.
• Memiliki pengetahuan mengenai dunia kerja
dan informasi karir yang menunjang kematangan
kompetensi karir.
• Memiliki sikap positif terhadap dunia kerja. Dalam
arti mau bekerja dalam bidang pekerjaan apapun,
tanpa merasa rendah diri, asal bermakna bagi dirinya,
dan sesuai dengan norma agama.
• Memahami relevansi kompetensi belajar
(kemampuan menguasai pelajaran) dengan
persyaratan keahlian atau keterampilan bidang
pekerjaan yang menjadi cita-cita karirnya masa
depan.
• Memiliki kemampuan untuk membentuk identitas
karir, dengan cara mengenali ciri-ciri pekerjaan,
kemampuan (persyaratan) yang dituntut, lingkungan
sosiopsikologis pekerjaan, prospek kerja, dan
28 Bimbingan Karir