Page 36 - Bimbingan Karir Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir
P. 36

dan tidak  berpura-pura, baik  di dalam  memberikan
                    keterangan tentang dirinya sendiri  maupun  dalam
                    menerima  berbagai informasi  dan materi  dari  luar
                    yang  berguna  bagi  pengembangan  dirinya.  Dalam  hal
                    ini guru pembimbing  berkewajiban  mengembangkan
                    keterbukaan  konseli (konseli). Keterbukaan  ini amat
                    terkait  pada  terselenggara  nya  asas kerahasiaan  dan
                    adanya kesukarelaan  pada diri  konseli  yang menjadi
                    sasaran  pelayanan/kegiatan.  Agar konseli dapat
                    terbuka, guru pembimbing terlebih dahulu  harus
                    bersikap terbuka dan tidak berpura-pura.
                4.  Asas  kegiatan, yaitu asas bimbingan dan konseling
                    yang menghendaki agar konseli (konseli) yang menjadi
                    sasaran pelayanan berpartisipasi secara aktif di dalam
                    penye-lenggaran   pelayanan/kegiatan   bimbingan.
                    Dalam  hal  ini guru  pembimbing  perlu  mendorong
                    konseli untuk  aktif  dalam  setiap pelayanan/kegiatan
                    bimbingan dan konseling yang diperuntukan baginya.
                5.  Asas kemandirian, yaitu asas bimbingan dan konseling
                    yang menunjuk pada tujuan  umum  bimbingan dan
                    konseling, yakni: konseli  (konseli)  sebagai sasaran
                    pelayanan  bimbingan  dan konseling diharapkan
                    menjadi konseli-konseli  yang mandiri  dengan ciri-ciri
                    mengenal dan menerima diri sendiri dan lingkungannya,
                    mampu     mengambil    keputusan,    mengarahkan
                    serta mewujudkan  diri  sendiri.  Guru pembim-bing
                    hendaknya mampu mengarahkan segenap pelayanan
                    bimbingan  dan  konseling yang  diselenggarakannya
                    bagi berkembangnya kemandirian konseli.
                6.  Asas Kekinian, yaitu asas bimbingan dan konseling yang
                    menghendaki agar objek sasaran pelayanan bimbingan
                    dan konseling ialah  permasalahan  konseli (konseli)
                    dalam kondisi nya sekarang. Pelayanan yang berkenaan

                         Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir  23
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41