Page 148 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 148

Bulkani |
                  dan  non  e-learning.  Model  berbasis  e-learning  pada
                  dasarnya  merupakan  model  yang  secara  khusus
                  dipersiapkan  untuk  pembelajaran  daring.  Contohnya
                  adalah  aplikasi  LMS  (Learning  management  system),
                  google  classroom,    Moodle,  Microsoft  Teams,  dan
                  Edunex.  Ciri  utama  aplikasi  pembelajaran  daring
                  berbasis e-learning adalah penggunaan browser sebagai
                  klien   untuk    menyelesaikan    beberapa    tugas
                  pembelajaran  melalui  jaringan  tertentu.  Sedangkan
                  model  berbasis  non  e-learning  menggunakan  aplikasi
                  media sosial yang umum digunakan untuk berinteraksi
                  secara virtual. Contohnya adalah  aplikasi Zoom, google-
                  meeting, dan WhatApps.


               3.  Penyusunan  manual/petunjuk  teknis  pembelajaran
                  daring
                     Banyak  pendidik  beranggapan  bahwa  pembelajaran
                  daring sebagai upaya merubah pembelajaran tatap muka
                  menjadi pembelajaran non tatap muka melalui hardware
                  seperti  laptop,  tablet,  atau  smartphone.  Atas  dasar
                  anggapan  ini,  sebagian  dosen  hakikatnya  hanya
                  mengubah pola ceramah tatap muka face to face di kelas
                  menjadi  tatap  muka  melalui  hardware.  Hal  ini
                  disebabkan  karena  perencanaan  pembelajaran  daring
                  yang kurang matang. Padahal dibutuhkan panduan atau
                  manual  pembelajaran  sehingga  langkah-langkah  dan
                  tahapan pembelajarannya dapat dikontrol kualitasnya.
                     Manual  pada  dasarnya  memuat  petunjuk  teknis
                  pembelajaran  daring,  tentang  apa  dan  bagaimana  cara
                  melakukan pembelajaran daring. Manual tersebut dapat
                  ditujukan   bagi   pendidik   atau   dosen,   tenaga


                                        139
   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153