Page 148 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 148
Bulkani |
dan non e-learning. Model berbasis e-learning pada
dasarnya merupakan model yang secara khusus
dipersiapkan untuk pembelajaran daring. Contohnya
adalah aplikasi LMS (Learning management system),
google classroom, Moodle, Microsoft Teams, dan
Edunex. Ciri utama aplikasi pembelajaran daring
berbasis e-learning adalah penggunaan browser sebagai
klien untuk menyelesaikan beberapa tugas
pembelajaran melalui jaringan tertentu. Sedangkan
model berbasis non e-learning menggunakan aplikasi
media sosial yang umum digunakan untuk berinteraksi
secara virtual. Contohnya adalah aplikasi Zoom, google-
meeting, dan WhatApps.
3. Penyusunan manual/petunjuk teknis pembelajaran
daring
Banyak pendidik beranggapan bahwa pembelajaran
daring sebagai upaya merubah pembelajaran tatap muka
menjadi pembelajaran non tatap muka melalui hardware
seperti laptop, tablet, atau smartphone. Atas dasar
anggapan ini, sebagian dosen hakikatnya hanya
mengubah pola ceramah tatap muka face to face di kelas
menjadi tatap muka melalui hardware. Hal ini
disebabkan karena perencanaan pembelajaran daring
yang kurang matang. Padahal dibutuhkan panduan atau
manual pembelajaran sehingga langkah-langkah dan
tahapan pembelajarannya dapat dikontrol kualitasnya.
Manual pada dasarnya memuat petunjuk teknis
pembelajaran daring, tentang apa dan bagaimana cara
melakukan pembelajaran daring. Manual tersebut dapat
ditujukan bagi pendidik atau dosen, tenaga
139