Page 143 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 143

|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi

            kontekstual dan berorientasi pada pencapaian kompetensi,
            (e). Pembelajaran yang multi-arah, siapa saja bisa menjadi
            guru,  dan  siapa  saja  bisa  sebagai  peserta  didik.  Sekalipun
            Permendikbud  tersebut  diperuntukkan  bagi  pendidikan
            dasar  dan  menengah,  tetapi  semangatnya  yang  universal
            bisa diterapkan di perguruan tinggi sesuai dengan konsep
            kampus merdeka.
               Paling  tidak  ada  5  faktor  yang  harus  dipersiapkan  dan
            distimulasi untuk menghasilkan pembelajaran daring yang
            efektif,  yakni:  (a).  Kesiapan  regulasi  dari  kampus.
            Pembelajaran  secara  daring  harus  diatur  melalui  regulasi,
            agar  jelas  aturan  mainnya,  sehingga  semua  elemen  yang
            terlibat  dalam  pembelajaran  daring  tersebut  memiliki
            acuan  dan  persepsi  yang  sama.  (b).  Kesiapan  tenaga
            pendidik (dosen). Dalam pembelajaran daring, dibutuhkan
            dosen yang memahami teknologi informasi, serta bersedia
            menggunakannya  secara  efektif.  Dosen  yang  gagap
            teknologi  akan  cenderung  terpaksa  bahkan  menolak
            menggunakan  pembelajaran  daring.  (c).  Kesiapan  tenaga
            kependidikan.  Tenaga  kependidikan  sangat  berperan
            sebagai  administrator  pembelajaran  daring,  sehingga
            pengelolaan  pembelajaran  dapat  terlaksana  dengan  baik.
            Contohnya  adalah  penyiapan  fasilitas  zoom-meeting,
            penyiapan  daftar  hadir  dan  lembar  evaluasi  pembelajaran
            daring,    (d).  Kesiapan  sarana  prasarana  pembelajaran
            daring  seperti  sinyal  internet,  baik  untuk  dosen  maupun
            mahasiswa.

            D. Merencanakan Perkuliahan Daring
               Proses perencanaan pembelajaran model daring secara
            umum     tidak   jauh   berbeda   dengan   perencanaan


                                      134
   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148