Page 145 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 145
|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi
menjalankan protokol kesehatan secara ketat,
merupakan dasar bagi penggunaan pembelajaran
daring. Meskipun beberapa mata kuliah sudah
menggunakan pembelajaran daring sebelum pandemi
Covid-19 terjadi, tetapi keadaan wabah tersebut telah
memaksa semua proses pembelajaran menjadi daring.
Dalam keadaan normal, dapat saja dilakukan need
assessment terhadap kebutuhan mahasiswa, untuk
mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan mereka tentang
model pembelajaran yang diinginkan. Sebelum
diputuskan penggunaan pembelajaran daring, dosen
dapat menanyakan keinginan mahasiswanya tentang
model atau metode yang mereka inginkan, serta sumber-
sumber belajar yang mereka butuhkan. Hal itu dapat
dilakukan melalui berbagai cara, misalkan menggunakan
angket maupun wawancara. Dengan need assessment ini,
mahasiswa dilibatkan untuk ikut merancang dan
merencanakan proses pembelajaran yang akan mereka
ikuti. Dewi (3) menyimpulkan dari penelitiannya bahwa,
identifikasi kebutuhan mahasiswa adalah faktor penting
yang menentukan efektivitas pembelajaran daring.
Selain untuk menentukan kebutuhan mahasiswa,
need assessment juga diperlukan untuk mengidentifikasi
kebutuhan teknis lainnya seperti daya dukung sarana
prasarana serta pembiayaan. Untuk memperoleh
pembelajaran yang efektif, bukan hanya dibutuhkan
keterlibatan mahasiswa, tetapi juga ketersediaan
software dan hardware, ketersediaan jaringan internet di
segala penjuru tempat yang dibutuhkan secara merata,
dan ketersediaan biaya untuk kouta internet.
136