Page 141 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 141

|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi

            hasil  belajar,  maka  pada  saat  ini  paradigmanya  bergeser
            menjadi  pencapaian  proses  yang  efektif  sehingga
            menghasilkan capaian tujuan belajar dan kompetensi yang
            diharapkan. Sehingga ukuran efektivitas dapat dilihat dari 3
            pertanyaan  berikut:  (a).  Apakah  prosesnya  berpusat  pada
            peserta didik?, (b). Apakah proses belajarnya menekankan
            pada memberi pengalaman?, (c). Apakah proses belajarnya
            berupaya  mengembangkan  keterampilan  kognitif,  sosial,
            dan emosional?

               Pembelajaran  efektif  harus  memuat  komponen-
            komponen  yang  melambangkan  kemampuan  pendidik
            dalam  merencanakan,  mengelola,  dan  mengevaluassi
            perkuliahan.  Dalam  konteks  pelaksanaan  pembelajaran,
            maka  komponen  penguasaan  materi  dan  majamenen
            pembelajaran    menjadi    faktor   penting.   Menurut
            Permendikbud  No.  22/2016,  pembelajaran  efektif  harus
            memuat  beberapa  komponen,  antara  lain  kemampuan
            pengajar dalam hal: (a). Penguasaan materi, (b). Menyajikan
            materi  secara  sistematis,  (c).  Menguasai  kelas,  (d).
            Melaksanakan  pembelajaran  sesuai  alokasi  waktu,  (e).
            Menumbuhkan partisipasi aktif dalam kegiatan belajar, (f).
            Menggunakan  metode  variatif  dan  media  sesuai  tujuan
            pembelajaran, (g). Menerapkan manajemen kelas yang baik,
            dan  (h).  Melaksanakan  penilaian  sesuai  dengan  tujuan
            pembelajaran

               Untuk  mencapai  proses  dan  hasil  belajar  yang  efektif,
            terdapat beberapa komponen belajar yang harus dipenuhi,
            yakni (a). Adanya tujuan pembelajaran, (b). Adanya materi
            pembelajaran,   (c).   Adanya   strategi   dan   model
            pembelajaran,  (d).  Adanya  sarana  prasarana  pendukung
            pembelajaran,  (e).  Adanya  evaluasi  pembelajaran.  Jika

                                      132
   136   137   138   139   140   141   142   143   144   145   146