Page 141 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 141
|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi
hasil belajar, maka pada saat ini paradigmanya bergeser
menjadi pencapaian proses yang efektif sehingga
menghasilkan capaian tujuan belajar dan kompetensi yang
diharapkan. Sehingga ukuran efektivitas dapat dilihat dari 3
pertanyaan berikut: (a). Apakah prosesnya berpusat pada
peserta didik?, (b). Apakah proses belajarnya menekankan
pada memberi pengalaman?, (c). Apakah proses belajarnya
berupaya mengembangkan keterampilan kognitif, sosial,
dan emosional?
Pembelajaran efektif harus memuat komponen-
komponen yang melambangkan kemampuan pendidik
dalam merencanakan, mengelola, dan mengevaluassi
perkuliahan. Dalam konteks pelaksanaan pembelajaran,
maka komponen penguasaan materi dan majamenen
pembelajaran menjadi faktor penting. Menurut
Permendikbud No. 22/2016, pembelajaran efektif harus
memuat beberapa komponen, antara lain kemampuan
pengajar dalam hal: (a). Penguasaan materi, (b). Menyajikan
materi secara sistematis, (c). Menguasai kelas, (d).
Melaksanakan pembelajaran sesuai alokasi waktu, (e).
Menumbuhkan partisipasi aktif dalam kegiatan belajar, (f).
Menggunakan metode variatif dan media sesuai tujuan
pembelajaran, (g). Menerapkan manajemen kelas yang baik,
dan (h). Melaksanakan penilaian sesuai dengan tujuan
pembelajaran
Untuk mencapai proses dan hasil belajar yang efektif,
terdapat beberapa komponen belajar yang harus dipenuhi,
yakni (a). Adanya tujuan pembelajaran, (b). Adanya materi
pembelajaran, (c). Adanya strategi dan model
pembelajaran, (d). Adanya sarana prasarana pendukung
pembelajaran, (e). Adanya evaluasi pembelajaran. Jika
132