Page 138 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 138

Bulkani |
               perbedaan  antara  keduanya,  menunjukkan  masing-masing
               memiliki kelebihan dan kekurangan.
                  Meskipun  demikian,  model  pembelajaran  daring  selalu
               menimbulkan       beberapa      pertanyaan.     Proses
               pembelajarannya  yang  tidak  bertatap  muka,  meninbulkan
               pertanyaan    terkait   dengan     bagaimana    model
               pengawasannya.  Hasil  belajar  yang  dicapai  oleh  peserta
               didik di akhir program perkuliahan, tidak secara langsung
               menggambarkan  efektivitas  proses  pembelajaran.  Dalam
               sebagian  besar  kasus  pembelajaran  daring  di  zaman
               pandemi  ini,  pengukuran  hasil  belajar  peserta  didik  juga
               dilakukan secara daring. Hal ini menyebabkan kepercayaan
               terhadap  hasil  yang  dicapai  peserta  didik  juga  menurun.
               Lemahnya  pengawasan  saat  dilakukan  pengukuran,
               merupakan  salah  satu  penyebab  menurunnya  keyakinan
               terhadap hasil pengukuran tersebut.
                  Masalah  pembelajaran  secara  daring  bukan  hanya
               terkait  dengan  substansi  dan  muatan  pembelajaran,  tapi
               juga  terkait  dengan  masalah  teknis  penggunaan,  bahkan
               masalah-masalah  non  teknis.  Misalnya  untuk  mata  kuliah
               yang  memuat  perhitungan-perhitungan  angka,  kadangkala
               penjelasan secara daring kurang efektif karena terbatasnya
               layar  komputer,  tablet,  atau  handphone  yang  digunakan.
               Belum lagi jika dikaitkan dengan perbedaan kualitas sinyal
               internet di tempat masing-masing.

                  Salah   satu   pembelajaran   yang    membutuhkan
               perhitungan-perhitungan  angka  adalah  Mata  Kuliah
               Evaluasi  Pendidikan  yang  diajarkan  pada  mahasiswa
               Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kompetensi utama
               yang  ingin  dicapai  dari  mata  kuliah  ini  adalah  agar


                                        129
   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143