Page 133 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 133

|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi

            jarak  yang  jauh  dan  tidak  adanya  ikatan  emosi  antara
            keduanya  bisa  saja  muncul  rasa  canggung,  atau  malu
            bertanya  di  grup.  Hal  ini  berbeda  jika kita belajar  dengan
            rekan-rekan  sekelas  dan  bertatap  muka  dengan  pengajar
            dan teman-teman.

               Kemudian  hal  itu  juga  menjadi  masalah  jika  pengajar
            tidak  ingin  dihubungi  secara  pribadi  misalnya  melalui
            sambungan  telepon,  sehingga  akan  memberikan  dampak
            tersendiri bagi si pembelajar. Bisa jadi dia tidak memahami
            pesan yang disampaikan melalui teks saja, dan lebih mudah
            paham jika diberikan secara tatap muka.
               Kekurangan  selanjutnya  yang  ada  adalah  risiko
            bocornya materi yang diberikan oleh si pengajar. Bisa jadi
            materi  yang  diberikan  tersebut  bersifat  rahasia,  namun
            dengan mudahnya si pembelajar dapat meneruskan pesan
            tersebut  ke  pihak  lain  yang  tidak  berhak  menerimanya,
            sehingga  akan  merugikan  si  pengajar  yang  sudah
            meluangkan waktu dan tenaga membuat materi dan belajar.
            Tidak  hanya  itu  hal  tersebut  juga  merugikan  rekan-rekan
            yang  satu  angkatan  belajar,  karena  mereka  yang  sudah
            membayar  juga  dirugikan  dengan  adanya  oknum  yang
            berbuat hal kurang terpuji tersebut.

            F.  Kesimpulan
               Dari berbagai penjelasan di atas, dapat kita lihat bahwa
            telegram  dapat  bersaing  menjadi  saluran  untuk  corong
            pembelajaran  di  masa  kini  yang  sudah  masuk  era
            Society.5.0.  Meskipun  terdapat  kekurangan  dan  kelebihan
            tersebut,  mentor  atau  owner  dapat  mempertimbangkan
            pendapat  dari  penulis  yang  sudah  disampaikan  di  atas,



                                      124
   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138