Page 146 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 146
Bulkani |
2. Merancang desain pembelajaran
Setelah diperoleh informasi tentang kebutuhan
pembelajaran berdasarkan need assessment, maka
langkah berikutnya adalah merancang desain
pembelajaran daring. Desain ini menggambarkan
langkah-langkah dan teknis pelaksanaan pembelajaran
daring. Beberapa hal yang dimuat dalam desain antara
lain: Judul dan substansi materi setiap pertemuan, teks
atau file yang akan disajikan, bahan ajar, software atau
hardware yang digunakan, soal-soal latihan, dan teknik
evaluasi hasil pembelajaran. Bentuk akhir dari tahapan
ini adalah adanya desain pembelajaran yang
menggambarkan semua komponen yang dibutuhkan
tersebut, sebagaimana contoh berikut :
Uraian Materi Keterangan
Kometensi inti Berisi kompetensi
dan standar yang diharapkan
kompetensi setelah
pembelajaran
Tahapan Berisi tentang
pertemuan uraian materi yang
akan disampaikan
pada setiap
pertemuan
Bahan ajar Berisi file bahan Bisa berupa pdf
ajar yang akan atau Power
disampaikan Point, video,
foto
Kebutuhan Berisi tentang
pendukung software, hardware,
atau support system
137