Page 174 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 174

Bulkani |
               E.  Kesimpulan
                  Pembelajaran  daring  dapat  berjalan  jika  direncanakan
               dengan  baik,  dengan  tetap  berorientasi  pada  model
               pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (student-
               centered  learning).  Langkah-langkah  yang  harus  dilalui
               meliputi:  (1).  Melakukan  analisis  kebutuhan,  (2).
               Merancang    desain   pembelajaran,   (3).   Menyusun
               manual/petunjuk  teknis,  (4).  Menyusun  satuan  acara
               perkuliahan, dan (5). Merancang evaluasi proses dan hasil
               pembelajaran.    Langkah-langkah     tersebut    harus
               dilaksanakan  secara  sistematis  dan  integratif  dengan
               mempertimbangkan  beberapa  faktor,  antara  lain:  (1).
               Kesiapan  regulasi  dari  kampus,  (2).  Kesiapan  tenaga
               pendidik  (dosen)  dan  tenaga  kependidikan,  dan  (3).
               Kesiapan  sarana  prasarana  seperti  sinyal  internet,  baik
               untuk dosen maupun mahasiswa.



                                    Kepustakaan



               1. Computer vs paper-Based Tasks: Are They Eqivalent?  Jan
                      M.Noyes,  and  Kate  J.  Garland.  9,  Leicester  UK :
                      Taylor and Fracis, 2008, Vol. 51. ISSN 0014-0139.
               2. Kemdikbud. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013.
                      Jakarta : Kemdikbud RI, 2014.

               3.  Rancangan  Program  Pembelajaran  Daring  di  Perguruan
                      Tinggi: Studi Kasus pada Mata Kuliah Kurikulum di
                      UPI.  Dewi,  Laksmi.  Bandung :  Edutech  Jurnal




                                        165
   169   170   171   172   173   174   175   176   177   178