Page 174 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 174
Bulkani |
E. Kesimpulan
Pembelajaran daring dapat berjalan jika direncanakan
dengan baik, dengan tetap berorientasi pada model
pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (student-
centered learning). Langkah-langkah yang harus dilalui
meliputi: (1). Melakukan analisis kebutuhan, (2).
Merancang desain pembelajaran, (3). Menyusun
manual/petunjuk teknis, (4). Menyusun satuan acara
perkuliahan, dan (5). Merancang evaluasi proses dan hasil
pembelajaran. Langkah-langkah tersebut harus
dilaksanakan secara sistematis dan integratif dengan
mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain: (1).
Kesiapan regulasi dari kampus, (2). Kesiapan tenaga
pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan, dan (3).
Kesiapan sarana prasarana seperti sinyal internet, baik
untuk dosen maupun mahasiswa.
Kepustakaan
1. Computer vs paper-Based Tasks: Are They Eqivalent? Jan
M.Noyes, and Kate J. Garland. 9, Leicester UK :
Taylor and Fracis, 2008, Vol. 51. ISSN 0014-0139.
2. Kemdikbud. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013.
Jakarta : Kemdikbud RI, 2014.
3. Rancangan Program Pembelajaran Daring di Perguruan
Tinggi: Studi Kasus pada Mata Kuliah Kurikulum di
UPI. Dewi, Laksmi. Bandung : Edutech Jurnal
165