Page 170 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 170
Bulkani |
4. Menentukan bentuk tes yang digunakan.
Pilihannya adalah menggunakan tes tertulis
maupun tes lisan atau praktik.
5. Menentukan jenis tes. Dalam hal ini bisa
menggunakan tes tertulis jenis pilihan ganda,
uraian, menjodohkan, ataupun sebab akibat.
6. Menentukan panjang tes atau jumlah butir, dan
batasan alokasi waktu.
7. Menentukan atau memperkirakan tingkat
kesukaran butir tes yang cocok dengan
karakteristik peserta didik. Sangat dianjurkan
untuk menggunakan butir-butir tes dengan
tingkat kesukaran sedang
8. Menyusun kisi-kisi tes hasil pembelajaran.
9. Menyusun butir-butir tes atau pertanyaan, beserta
kunci jawabannya dan pedoman penskorannya.
10. Melakukan uji coba jika diperlukan. Uji coba
dimaksudkan untuk mengetahui kehandalan tes
berupa validitas, reliabilitas, daya pembeda dan
tingkat kesukaran butir-butir tes. Langkah ini
dapat dilewati jika kita menggunakan butir-butir
tes hasil pembelajaran yang telah teruji, atau
mengambilnya dari bank soal.
11. Menggunakan tes secara daring.
12. Menyiapkan format hasil pengukuran.
13. Menyiapkan pedoman penilaian jika diperlukan.
Berikut ini diberikan contoh kisi-kisi tes hasil
pembelajaran mata kuliah evaluasi untuk materi
pokok pengukuran dan penilaian.
161