Page 170 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 170

Bulkani |
                     4.  Menentukan   bentuk   tes   yang   digunakan.
                        Pilihannya  adalah  menggunakan  tes  tertulis
                        maupun tes lisan atau praktik.
                     5.  Menentukan  jenis  tes.  Dalam  hal  ini  bisa
                        menggunakan  tes  tertulis  jenis  pilihan  ganda,
                        uraian, menjodohkan, ataupun sebab akibat.
                     6.  Menentukan  panjang  tes  atau  jumlah  butir,  dan
                        batasan alokasi waktu.
                     7.  Menentukan   atau   memperkirakan     tingkat
                        kesukaran  butir  tes  yang  cocok  dengan
                        karakteristik  peserta  didik.  Sangat  dianjurkan
                        untuk  menggunakan  butir-butir  tes  dengan
                        tingkat kesukaran sedang
                     8.  Menyusun kisi-kisi tes hasil pembelajaran.
                     9.  Menyusun butir-butir tes atau pertanyaan, beserta
                        kunci jawabannya dan pedoman penskorannya.
                     10. Melakukan    uji  coba  jika  diperlukan.    Uji  coba
                        dimaksudkan  untuk  mengetahui  kehandalan  tes
                        berupa  validitas,  reliabilitas,  daya  pembeda  dan
                        tingkat  kesukaran  butir-butir  tes.  Langkah  ini
                        dapat  dilewati  jika kita  menggunakan butir-butir
                        tes  hasil  pembelajaran  yang  telah  teruji,  atau
                        mengambilnya dari bank soal.
                     11. Menggunakan tes secara daring.
                     12. Menyiapkan format hasil pengukuran.
                     13. Menyiapkan pedoman penilaian jika diperlukan.

                        Berikut  ini  diberikan  contoh  kisi-kisi  tes  hasil
                     pembelajaran  mata  kuliah  evaluasi  untuk  materi
                     pokok pengukuran dan penilaian.





                                        161
   165   166   167   168   169   170   171   172   173   174   175