Page 165 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 165

|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi

                  respon  dari  obyek  yang  diukur,  bisa  bernilai  benar
                  atau salah, atau secara sengaja dibuat kategorisasi ke
                  dalam  respon  benar  dan  respon  salah.  Hal  ini
                  misalnya  terjadi  pada  saat  seseorang  mengerjakan
                  dan menjawab soal tes hasil pembelajaran berbentuk
                  pilihan  ganda.  Pada  soal  tes pilihan  ganda, ada  satu
                  alternatif  jawaban  yang  benar,  dan  sisanya
                  merupakan distraktor yang bernilai salah.

                     Sebagaimana disebutkan sebelumnya, teknik non-
                  tes   digunakan   untuk    mengevaluasi   proses
                  pembelajaran  daring.  Bentuk  instrumennya  adalah
                  kuisioner  atau  angket.  Tujuan  evaluasi  ini  adalah
                  untuk  mengetahui  kualitas  dan  efektivitas  proses
                  pembelajaran  berdasarkan  persepsi,  pendapat,  dan
                  kepuasan  mahasiswa,  sehingga  nantinya  dapat
                  digunakan  sebagai  umpan  balik  bagi  perbaikan
                  pembelajaran.   Berdasarkan   tujuan   itu,   maka
                  sebaiknya  kuisioner  tersebut  memuat  pertanyaan-
                  pertanyaan  tentang  efektivitas  proses  pembelajaran
                  daring berdasarkan pendapat mahasiswa.

                     Untuk     menyusun     kuisioner    efektivitas
                  pembelajaran  daring,  dapat  digunakan  beberapa
                  indikator pada tabel berikut sebagai acuan:
               Komponen         Indikator dalam skala kepuasan
             Standar          1.  Tujuan  pembelajaran  disampaikan
             pembelajaran        oleh dosen
             Efektif          2.  Bahan  dan  materi  yang  diberikan
                                 sesuai dengan tujuan pembelajaran
                              3.  Strategi   dan   metode    yang
                                 digunakan  sesuai  dengan  tujuan


                                      156
   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170