Page 160 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 160
Bulkani |
Perbedaan antara keduanya adalah pada cara
penggunaan. Evaluasi pembelajaran daring umumnya
juga dilakukan secara daring. Apalagi adanya kewajiban
untuk menjaga jarak dan penerapan protokol kesehatan
selama pandemi Covid-19. Meskipun demikian,
perbedaan cara penggunaan tersebut membawa
konsekuensi, antara lain terkait dengan akurasi
pengukuran hasil belajar karena lemahnya pengawasan
dalam proses evaluasi tersebut.
Evaluasi pembelajaran daring, sebaiknya mencakup 2
aspek, yakni evaluasi terhadap proses pembelajaran, dan
evaluasi terhadap hasil pembelajaran. Evaluasi terhadap
proses pembelajaran ditujukan untuk mengidentifikasi
faktor dan hambatan-hambatan yang terjadi dalam
proses pembelajaran. Evaluasi proses pembelajaran
akan memberikan banyak informasi tentang bagaimana
rencana pembelajaran dilaksanakan dan hasil
pembelajaran dapat dicapai. Hasil evaluasi ini digunakan
sebagai umpan balik bagi perbaikan proses
pembelajaran. Sedangkan evaluasi hasil pembelajaran
dimaksudkan untuk mengetahui tercapai tidaknya
kompetensi yang diharapkan sebagai hasil dari
pembelajaran. Evaluasi hasil pembelajaran digunakan
untuk memberikan gambaran tentang karakteristik
individual maupun kelompok tentang capaian tujuan
pembelajaran.
Evaluasi proses dan hasil pembelajaran, harus
didasarkan pada asumsi bahwa mahasiswa sebagai
peserta didik, memiliki karakteristik psikologis yang
hanya bisa diukur dari gejala yang tampak, bukan dari
pengukuran langsung terhadap aspek-aspek psikologis
151