Page 161 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 161

|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi

               tersebut. Evaluasi terhadap proses pembelajaran daring
               didasarkan pada persepsi  dan  apa yang  dirasakan  oleh
               mahasiswa.   Sedangkan    evaluasi   terhadap   hasil
               pembelajaran  didasarkan  pada  capaian  mereka  pada
               aspek  kognitif.  Kedua  evaluasi  tersebut  merupakan
               bagian dari evaluasi tak langsung, karena evaluator tidak
               dapat  langsung  mengukur  aspek-aspek  yang  diukur,
               tetapi  hanya  bisa  mengukur  gejala-gejala  yang  timbul
               sebagai indikator dari aspek tersebut.

                  Evaluasi  tak  langsung,  atau  lebih  tepatnya  disebut
               pengukuran  tak  langsung,  adalah  pengukuran  yang
               mana  evaluator  tidak  dapat  mengukur  variasi  pada
               obyek  pengukuran  secara  langsung  sedemikian  rupa
               sehingga  yang  dapat  diukur  hanya  gejalanya  saja.    Jika
               kita  mengukur  panjang  meja  menggunakan  meteran,
               maka  kita  dapat  secara  langsung  mengukur  obyeknya,
               sehingga  hasilnya  menggambarkan  panjang  meja  yang
               kita ukur. Demikian pula halnya jika kita ingin mengukur
               berat badan seseorang menggunakan timbangan badan.
               Konsep  dan  proses  berbeda  akan  kita  lalui  jika  kita
               mengukur  hasil  pembelajaran  pada  mahasiswa,  yang
               mana  kita tidak  dapat mengukur  secara  langsung  hasil
               tersebut  karena  bersifat  aspek  psikologis  yang  tidak
               tampak. Dalam hal ini, kita hanya dapat mengamati dan
               mengukur  hasil  pembelajaran  berdasarkan  respon
               mahasiswa terhadap tes yang kita berikan. Pengukuran
               seperti ini disebut pengukuran tak langsung. Asrul dkk
               menyatakan    bahwa    pengukuran    tak   langsung
               merupakan  salah  satu  ciri  dari  evaluasi  pendidikan,
               selain sifat hasilnya yang relatif bisa berubah dari waktu
               ke waktu (8).


                                      152
   156   157   158   159   160   161   162   163   164   165   166