Page 161 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 161
|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi
tersebut. Evaluasi terhadap proses pembelajaran daring
didasarkan pada persepsi dan apa yang dirasakan oleh
mahasiswa. Sedangkan evaluasi terhadap hasil
pembelajaran didasarkan pada capaian mereka pada
aspek kognitif. Kedua evaluasi tersebut merupakan
bagian dari evaluasi tak langsung, karena evaluator tidak
dapat langsung mengukur aspek-aspek yang diukur,
tetapi hanya bisa mengukur gejala-gejala yang timbul
sebagai indikator dari aspek tersebut.
Evaluasi tak langsung, atau lebih tepatnya disebut
pengukuran tak langsung, adalah pengukuran yang
mana evaluator tidak dapat mengukur variasi pada
obyek pengukuran secara langsung sedemikian rupa
sehingga yang dapat diukur hanya gejalanya saja. Jika
kita mengukur panjang meja menggunakan meteran,
maka kita dapat secara langsung mengukur obyeknya,
sehingga hasilnya menggambarkan panjang meja yang
kita ukur. Demikian pula halnya jika kita ingin mengukur
berat badan seseorang menggunakan timbangan badan.
Konsep dan proses berbeda akan kita lalui jika kita
mengukur hasil pembelajaran pada mahasiswa, yang
mana kita tidak dapat mengukur secara langsung hasil
tersebut karena bersifat aspek psikologis yang tidak
tampak. Dalam hal ini, kita hanya dapat mengamati dan
mengukur hasil pembelajaran berdasarkan respon
mahasiswa terhadap tes yang kita berikan. Pengukuran
seperti ini disebut pengukuran tak langsung. Asrul dkk
menyatakan bahwa pengukuran tak langsung
merupakan salah satu ciri dari evaluasi pendidikan,
selain sifat hasilnya yang relatif bisa berubah dari waktu
ke waktu (8).
152