Page 163 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 163
|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi
evaluasi. Untuk itu dibutuhkan beberapa cara agar
akurasi hasil evaluasi tersebut meningkat.
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan akurasi hasil evaluasi daring. Salah
satunya adalah melakukan beberapa kali pengukuran
sehingga diperoleh gambaran yang komprehensif
tentang hasil belajar peserta didik. Evaluasi yang
dilakukan secara kontinyu dalam beberapa bentuk,
misalnya berbentuk formatif, ulangan harian, ujian
tengah semester, dan ujian akhir semester, akan
memberikan gambaran lebih jelas tentang hasil belajar
mahasiswa. Azwar (1987) menyatakan bahwa berbagai
keterbatasan yang dimiliki oleh tes sebagai alat ukur
hasil belajar dapat diatasi dengan melakukan
pengukuran secara kontinyu (5).
Cara lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan
akurasi pengukuran hasil pembelajaran daring adalah
mengusahakan jumlah butir yang cukup banyak, dan
menggunakan butir-butir tes yang memiliki tingkat
kesukaran sedang. Secara teoretis, panjang tes yang
dilambangkan dengan jumlah butir pertanyaan, akan
berkorelasi positif dengan tingkat reliabilitas tes
tersebut, yang berarti bahwa hasil tes tersebut
cenderung konsisten. Naga (1992) menyatakan bahwa
secara teoretis skor kekeliruan hasil pengukuran
cenderung akan mendekati nol jika banyaknya butir
pertanyaan adalah tak terhingga (6). Sedangkan Sax
(1980) membuktikan bahwa panjang tes atau banyak
butir pertanyaan akan meningkatkan koefisien
reliabilitas tes tersebut (6). Selain itu, Sax (1980)
berpendapat bahwa butir tes yang terlalu sukar akan
154