Page 163 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 163

|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi

               evaluasi.  Untuk  itu  dibutuhkan  beberapa  cara  agar
               akurasi hasil evaluasi tersebut meningkat.
                  Ada  beberapa  hal  yang  dapat  dilakukan  untuk
               meningkatkan  akurasi  hasil  evaluasi  daring.  Salah
               satunya  adalah  melakukan  beberapa  kali  pengukuran
               sehingga  diperoleh  gambaran  yang  komprehensif
               tentang  hasil  belajar  peserta  didik.  Evaluasi  yang
               dilakukan  secara  kontinyu  dalam  beberapa  bentuk,
               misalnya  berbentuk  formatif,  ulangan  harian,  ujian
               tengah  semester,  dan  ujian  akhir  semester,  akan
               memberikan  gambaran  lebih  jelas  tentang hasil  belajar
               mahasiswa. Azwar (1987) menyatakan bahwa berbagai
               keterbatasan  yang  dimiliki  oleh  tes  sebagai  alat  ukur
               hasil  belajar   dapat   diatasi   dengan   melakukan
               pengukuran secara kontinyu (5).
                  Cara lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan
               akurasi  pengukuran  hasil  pembelajaran  daring  adalah
               mengusahakan  jumlah  butir  yang  cukup  banyak,  dan
               menggunakan  butir-butir  tes  yang  memiliki  tingkat
               kesukaran  sedang.  Secara  teoretis,  panjang  tes  yang
               dilambangkan  dengan  jumlah  butir  pertanyaan,  akan
               berkorelasi  positif  dengan  tingkat  reliabilitas  tes
               tersebut,  yang  berarti  bahwa  hasil  tes  tersebut
               cenderung  konsisten.  Naga  (1992)  menyatakan  bahwa
               secara  teoretis  skor  kekeliruan  hasil  pengukuran
               cenderung  akan  mendekati  nol  jika  banyaknya  butir
               pertanyaan  adalah  tak  terhingga  (6).  Sedangkan  Sax
               (1980)  membuktikan  bahwa  panjang  tes  atau  banyak
               butir   pertanyaan   akan   meningkatkan   koefisien
               reliabilitas  tes  tersebut  (6).  Selain  itu,  Sax  (1980)
               berpendapat  bahwa  butir  tes  yang  terlalu  sukar  akan

                                      154
   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168