Page 168 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 168

Bulkani |
                     untuk   dilakukan   jika   dibandingkan   dengan
                     pembelajaran tatap muka.
                        Hasil belajar aspek kognitif diukur menggunakan
                     teknik tes. Alasan utama penggunaan tes sebagai alat
                     ukur  evaluasi  aspek  kognitif  adalah  adanya  pola
                     respon spontan dan mudah dibedakan antara respon
                     benar  dengan  respon  salah  pada  penggunaan  tes.
                     Respon  benar  dan  salah  tersebut  memudahkan
                     pendidik  untuk  membedakan  antara  peserta  didik
                     yang  telah  berhasil  mencapai  tujuan  pembelajaran
                     dan  yang  belum.  Sedangkan  respon  spontan
                     menyebabkan hasil pengukuran dapat dilihat secara
                     cepat. Apalagi dalam era teknologi informasi saat ini,
                     penggunaan  berbagai  aplikasi  berbasis  internet  dan
                     daring,  akan memudahkan pemberian skor hasil  tes
                     secara tepat dan cepat.
                        Untuk  meningkatkan  akurasi  hasil  tes  aspek
                     kognitif, maka pengukuran hasil belajar kogitif harus
                     diulang,  baik  menggunakan  tes  yang  sama  maupun
                     tes  yang  berbeda.  Pengulangan  ini  akan  mampu
                     meningkatkan  konsistensi    hasil  pengukuran,
                     sehingga     memberikan      gambaran       lebih
                     komperehensif  tentang  kompetensi  yang  telah
                     dicapai  peserta  didik.  Hal  inilah  yang  mendasari
                     perlunya  melaksanakan  beberapa kali  atau jenis  tes
                     berbeda.  Dosen  selaku  pengajar    sangat  dianjurkan
                     untuk menggunakan evaluasi formatif selama proses
                     perkuliahan  berlangsung,  seperti  ujian  setiap
                     selesainya pokok bahasan, ujian tengah semester, dan
                     ujian  akhir  semester,  ditambah  dengan  tugas-tugas
                     yang relevan.

                                        159
   163   164   165   166   167   168   169   170   171   172   173