Page 164 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 164

Bulkani |
                  meningkatkan    kekeliruan   secara   acak   sehingga
                  berkontribusi pada penurunan koefsien reliabilitas  (6).
                  Sedangkan  Naga  (1992)  menyarankan  sebaiknya
                  menggunakan butir-butir tes dengan tingkat kesukaran
                  sedang, yakni pada rentang 0,33-0,77
                                                    (6)
                     Evaluasi  pembelajaran  daring  pada  dasarnya
                  ditujukan  untuk  mengevaluasi  proses  maupun  hasil
                  pembelajaran.  Evaluasi  hasil  pembelajaran  dibutuhkan
                  untuk  mengetahui  capaian  tujuan  pembelajatan,
                  sementara  evaluasi  proses  penting  dilakukan  untuk
                  mengetahui  bagaimana  hasil  pembelajaran  tersebut
                  dapat dicapai. Hal itu akan dibahas masing-masing pada
                  bagian berikut:

                  a.  Evaluasi Proses Pembelajaran

                        Untuk  melakukan  evaluasi  proses  pembelajaran
                     daring, umumnya digunakan teknik non-tes. Disebut
                     teknik  non-tes  karena  sifat  respon  dari  teknik  ini
                     selalu mengandung nilai kebenaran. Artinya, apapun
                     respon dari obyek yang diukur, maka respon tersebut
                     selalu  dianggap  benar.  Contohnya  adalah  kuisioner.
                     Saat  menjawab  butir-butir  pertanyaan  kuisioner,
                     maka  respon  berupa  jawaban  tersebut  dianggap
                     selalu  bernilai  benar,  terlepas  apapun  jawaban
                     tersebut.  Teknik  non-tes  ini  umumnya  digunakan
                     untuk  mengukur  aspek-aspek  afektif  seperti  sikap,
                     pendapat, dan kebiasaan.

                        Hal  sebaliknya  terjadi  pada  teknik  tes,  yang
                     umumnya  digunakan  untuk  mengukur  hasil  belajar
                     dalam aspek  kognitif.  Pada  teknik  tes,  jawaban  atau



                                        155
   159   160   161   162   163   164   165   166   167   168   169