Page 169 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 169
|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi
Kata kunci keberhasilan evaluasi hasil
pembelajaran terletak pada kemampuan dosen atau
pengajar untuk merancang tes hasil belajar tersebut.
Di sinilah pentingnya perencanaan evaluasi hasil
belajar. Dalam merencanakan evaluasi hasil
pembelajaran, dosen harus mampu terlebih dahulu
mengindentifikasi dan menyusun tujuan pengukuran
yang relevan dengan tujuan pembelajaran. Tujuan
pengukuran yang operasional akan membantu
pendidik untuk menentukan jenis dan bentuk tes,
tingkat kesukaran dan seberapa banyak butir tes,
bahan dan alat yang dibutuhkan, serta bagaimana
cara menggunakannya.
Secara umum langkah-langkah yang digunakan
dalam pengembangan tes hasil belajar, termasuk
model daring, adalah sebagai berikut :
1. Menentukan cakupan materi yang akan dievaluasi.
Apakah tes yang akan dilakukan bertujuan untuk
mengukur penguasaan untuk satu pokok bahasan,
beberapa pokok bahasan, atau keseluruhan pokok
bahasan.
2. Menetapkan tujuan pengukuran. Perhatikan
relevansi antara tujuan pengukuran dengan
tujuan pembelajaran dan kompetensi yang akan
diukur.
3. Menentukan tingkat kedalaman ranah kognitif
yang akan diukur. Secara berjenjang, ranah
kognitif yang diukur adalah aspek pengetahuan
dan ingatan (C1), pemahaman (C2), aplikasi (C3),
analisis (C4), sintesis (C5), dan evaluasi (C6).
160