Page 169 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 169

|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi

                     Kata   kunci   keberhasilan   evaluasi   hasil
                  pembelajaran terletak pada kemampuan  dosen  atau
                  pengajar untuk merancang tes hasil belajar tersebut.
                  Di  sinilah  pentingnya  perencanaan  evaluasi  hasil
                  belajar.   Dalam   merencanakan   evaluasi   hasil
                  pembelajaran,  dosen  harus  mampu  terlebih  dahulu
                  mengindentifikasi dan menyusun tujuan pengukuran
                  yang  relevan  dengan  tujuan  pembelajaran.  Tujuan
                  pengukuran  yang  operasional  akan  membantu
                  pendidik  untuk  menentukan  jenis  dan  bentuk  tes,
                  tingkat  kesukaran  dan  seberapa  banyak  butir  tes,
                  bahan  dan  alat  yang  dibutuhkan,  serta  bagaimana
                  cara menggunakannya.

                     Secara  umum  langkah-langkah  yang  digunakan
                  dalam  pengembangan  tes  hasil  belajar,  termasuk
                  model daring, adalah sebagai berikut :
                  1.  Menentukan cakupan materi yang akan dievaluasi.
                     Apakah tes yang akan dilakukan bertujuan untuk
                     mengukur penguasaan untuk satu pokok bahasan,
                     beberapa pokok bahasan, atau keseluruhan pokok
                     bahasan.
                  2.  Menetapkan  tujuan  pengukuran.  Perhatikan
                     relevansi  antara  tujuan  pengukuran  dengan
                     tujuan  pembelajaran  dan  kompetensi  yang  akan
                     diukur.
                  3.  Menentukan  tingkat  kedalaman  ranah  kognitif
                     yang  akan  diukur.  Secara  berjenjang,  ranah
                     kognitif  yang  diukur  adalah  aspek  pengetahuan
                     dan  ingatan  (C1),  pemahaman  (C2),  aplikasi  (C3),
                     analisis (C4), sintesis (C5), dan evaluasi (C6).



                                      160
   164   165   166   167   168   169   170   171   172   173   174