Page 14 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 14

dalam berkomunikasi semua bentuk komunikasi perlu dioptimalkan,
            agar tujuan komunikasi dapat tercapai.
                   Maulana  &  Gumelar  (Hariko,  2017)    pesan  verbal  dan
            nonverbal. Pesan verbal diwujudkan melalui bahasa/ linguistik dan
            pesan  nonverbal  tergambar  melalui  isyarat  tubuh.  Pesan  verbal
            dalam  komunikasi  berkaitan  dengan  kata  dan  makna,  serta
            berbahasa  dan  berfikir.  Pesan  nonverbal  mencakup  segala
            ungkapan  yang  disadari  atau  tidak  disadari  dalam  bentuk  gerak
            tubuh,  isyarat,  air  muka,  nada  atau  getaran  suara,  dan  tarikan
            nafas.
                   Mulyana  (Suandi  &  Indriani2016)  mengatakan  bahwa
            manusia  tidak  hanya  dipersepsi  lewat  bahasa  verbalnya:
            bagaimana  bahasanya  (halus,  kasar,  dan  seterusnya),  tetapi  juga
            melalui  tindak  komunikasi  nonverbalnya.  Elfanany  (Suandi  &
            Indriani2016).Kita  mungkin  tidak  sadar  bahwa  sebagian  besar
            pesan  yang  kita  sampaikan  kepada  orang  lain  hanya  7%  melalui
            kata-kata  (saluran verbal);  sisanya  terdiri  atas  bahasa  tubuh  55%
            dan nada suara 38%
                   Preston  (Suandi  &  Indriani,  2016)  menyatakan  bahwa
            keserasian tindak komunikasi verbal dan nonverbal.
                   Communication  experts  generally  agree  that  when  two
                   people  are  engaged  in  a  face-to-face  conversation,  only  a
                   small fraction of the total message they share is contained in
                   the  words  they  use.  A  large  portion  of  the  message  is
                   contained  in vocal  elements such  as  tone of voice  ....  The
                   largest  part  of  the  message--and  arguably  the  most
                   important—is  conveyed  by  kinesics,  or  the  combination  of
                   gestures,  postures,  facial  expressions,  clothing,  and  even
                   scent.

                   Berdasarkan  pendapat  tersebut  dapat  dipahami  bahwa
            pakar komunikasi pada umumnya sepakat bahwa ketika dua orang
            terlibat  dalam  percakapan  tatap  muka,  hanya  sedikit  sekali  dari
            pesan keseluruhan yang sama-sama mereka pahami yang terdapat
            dalam kata-kata yang mereka gunakan. Sebagian besar dari pesan



            Iklim Komunikasi Organisasi                                      7
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19