Page 19 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 19

Teori  Komunikasi Massa


                                  Disebut  media  massa  apabila  itu  menyebabkan  khalayak
                           (pendengar/pemirsa)  serentak  bersama-sama  memperhatikan
                           pesan  yang  sama,  yang  dikomunikasikan  media  tersebut  (media
                           cetak  dan  elektronik)  pada  saat  yang  sama  pula.    Komunikasi
                           massa adalah komunikasi yang menggunakan media massa, baik
                           cetak atau elektronik yang dikelola oleh suatu lembaga atau orang
                           yang  dilembagakan  yang  ditujukan  kepada  sejumlah  besar  orang
                           yang tersebar dibanyak tempat, anonym dan heterogen.

                           Pengertian Komunikasi Massa

                                  Komunikasi    massa    terdiri   dari   pesan-pesan   yang
                           ditransmisikan ke sasaran audience yang benyak dan tersebar luas,
                           dengan menggunakan Koran, majalah, televisi, radio, dan internet.
                           (Ronald & Adler, 2006).
                                  DeFleur  dan  Dennis  (Halik,  3013)  mengartikan  komunikasi
                           massa sebagai proses komunikasi yang ditandai oleh penggunaan
                           media  bagi  komunikatornya  untuk  menyebarkan  pesan-pesan
                           secara  luas,  dan  terus-menerus  diciptakan  makna-makna  yang
                           diharapkan  dapat  mempengaruhi  khalayak  yang  besar  dan
                           berbeda-beda melalui berbagai cara.
                                  Bittner (Romli & Si, 2017) komunikasi massa adalah pesan
                           komunikasi  melalui  media  massa  pada  sejumlah  besar  orang.
                           Selanjutna  Gebner  (Romli  &  Si,  2017)  komunikasi  massa  adalah
                           produksi  dan  distribusi  yang  berlandaskan  teknologi  lembaga dari
                           arus  pesan  yang  kontinyu  serta  paling  luas  dimiliki  orang  dalam
                           masyarakat Indonesia.







                           12                                      Iklim Komunikasi Organisasi
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24