Page 20 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 20
Radio dan Televisi Sebagai Media Komunikasi
Massa
Sebagai media massa, radio siaran memiliki karakteristik
khas dan unik. Adapun karakteristik dalam komunikasi massa
menurut William R Rivers at. al (2003) yaitu: Komunikasi satu arah,
Selalu ada proses seleksi (media memilih khalayak), Menjaga
khalayak luas, Membidik sasaran tertentu (segmentasi) dan
Dilakukan oleh institusi sosial (lembaga media/pers). Akan tetapi
dalam perkembangannya karakteristik komunikasi massa (radio
siaran) bukan lagi satu arah, melainkan bisa menjadi komunikasi
dua arah.
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman
sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik
(gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan
merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang
angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak
memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).
Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi
elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dari
gelombang osilator (gelombang pembawa) dimodulasi dengan
gelombang audio (ditumpangkan frekuensinya) pada frekuensi yang
terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF; "radio frequency"))
pada suatu spektrum elektromagnetik, dan radiasi
elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun
magnetik.
Gelombang elektromagnetik lain yang memiliki frekuensi di
atas gelombang radio meliputi sinar gamma, sinar-X, inframerah,
ultraviolet, dan cahaya terlihat. Ketika gelombang radio dikirim
melalui kabel kemudian dipancarkan oleh antena, osilasi dari
medan listrik dan magnetik tersebut dinyatakan dalam bentuk arus
bolak-balik dan voltase di dalam kabel. Dari pancaran gelombang
radio ini kemudian dapat diubah oleh radio penerima (pesawat
Iklim Komunikasi Organisasi 13