Page 23 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 23
kebudayaan nasional masing-masing negara, serta
mempertinggi kerja sama hubungan antarnegara.
7. Hiburan; media massa telah menyita banyak waktu luang untuk
semua golongan usia dengan difungsikannya sebagai alat
hiburan dalam rumah tangga. Sifat estetika yang dituangkan
dalam bentuk lagu, lirik, dan bunyi maupun gambar dan
bahasa, membawa orang pada situasi menikmati hiburan
seperti halnya kebutuhan pokok lainnya.
8. Integrasi; banyak bangsa di dunia dewasa ini diguncang oleh
kepentingan-kepentingan tertentu karena perbedaan etnis dan
ras. Komunikasi dapat dimanfaatkan untuk menjembatani
perbedaan-perbedaan itu dalam memupuk dan memperkokoh
persatuan bangsa.
Menurut Effendy (Zaini, 2015) Televisi terdiri dari istilah
―tele‖ yang berarti jauh dan ―visi‖ (vision) yang berarti penglihatan.
Segi ―jauh‖-nya diusahakan oleh prinsip radio dan segi
―penglihatan‖-nya oleh gambar. Tanpa gambar tak mungkin ada
apa-apa yang dapat dilihat. Para penonton dapat menikmati siaran
TV, kalau TV tadi memancarkan gambar. Dan gambar-gambar
yang dipancarkan itu adalah gambar-gambar yang bergerak (dalam
hal tertentu juga gambar diam, still picture). Dan prinsip dari
penggerakan gambar itu adalah film. Para penonton tak mungkin
dapat menyaksikan apa-apa pada layar pesawat TV-nya, kalau
objeknya tidak diambil oleh kamera dengan lensanya. Prinsip
kamera TV adalah prinsip kamera film. Jika dicari perbedaannya,
maka perbedaan itu ialah bahwa proses pengambilan (shooting)
pada TV berlangsung secara elektronis, pada film secara mekanis.
Dan istilah elektronis adalah istilah radio. Jadi jelaslah bahwa TV
adalah paduan radio dan film
16 Iklim Komunikasi Organisasi