Page 28 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 28

yang  berada  di  luar  organisasiyang  ada  hubungannya  dan
            diharapkan ada hubungannya dengan organisasi tersebut.
                   Kedua,  kegiatan  organisasi  adalah  komunikasi  dua  arah
            atau  timbal  balik.  Ini  berarti  bahwa  dalam  penyampaian  informasi
            baik kepada public internal maupun eksternal harus terjadi umpan
            balik, dengan demikian organisasi mengetahui opini publik sebagai
            efek komunikasi yang dilakukan. Opini publik yang menyenangkan
            sangat  diharapkan  demi  kepentingan  kedua  belah  pihak.  Jadi
            kegiatan  komunikasi  dalam  organisasi  itu  ditujukan  kepada
            masyarakat  yang  ada  didalam  organisasi  dan  masyarakat  di  luar
            organisasi. Komunikasi Internal diklasifikasikan menjadi komunikasi
            personal/  pribadi  dan  komunikasi  kelompok.  Komunikasi  ini
            biasanya dilakukan dengan tatap muka belangsung secara dialogis
            sehingga  bisa  berlangsung  kontak  pribadi.  Komunikasi  personal
            lewat  media  adalah  komunikasi  dengan  mennggunakan  alat
            misalnya  telepon,  memo  dan  lain  sebagainya,  karena  dengan
            menggunakan alat diantara kedua orang tidak ada kontak pribadi,
            sedangkan  tatap  muka  merupakan  jenis  komunikasi  yang  sangat
            efektif  untuk  mengubah  sikap,  pendapat  dan  prilaku.  Dengan
            kontak  pribadi  memungkinkan  komunikator  memahami,  dan
            menguasai hal-hal berikut :
                 a.  Kerangka referensi komunikan selengkapnya
                 b.  Kondisi fisik dan mental komunikan sepenuhnya
                 c.  Suasana lingkungan pada saat terjadi komunikasi
                 d.  Tanggapan komunikasi secara langsung.

                   Dengan  memahami  dan  mengetahui  hal  tersebut  di  atas
            maka  komunikator  akan  dapat  melakukan  kegiatan-kegiatan
            sebagai berikut :
                a.  Mengontrol setiap kata dan kalimat yang diucapkan
                b.  Mengulangi kata-kata yang penting disertai penjelasan.
                c.  Memantapkan  pengucapan  dengan  bantuan  mimik  dan
                    gerak tangan




            Iklim Komunikasi Organisasi                                     21
   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33