Page 31 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 31
seorang pimpinan atau fungsionaris yang mempunyai tugas primer
untuk mengintegerasikan kebutuhan dalam pengambilan keputusan
memerlukan berbagai informasi dari berbagai pihak. Problem yang
muncul adalah bagaimana untuk mengantisipasi keluar masuknya
informasi dari berbagai bidang, diperlukan adanya hubungan
langsung dengan berbagai lingkup kerja, seperti :
a. Jalur komunikasi singkat dan pendek diperlukan untuk
penyampaian berita secara cepat.
b. Merupakan penanganan yang praktis ditengahtengah
kesibukan
6. Komunikasi dengan Teman Kerja Setingkat
Mari kita refleksikan bagaimana tugas-tugas kita
dilaksanakan. Tugas kita dilaksanakan dengan melalui orang-orang
lain. Jadi sangatlah penting berkomunikasi dengan rekan kerja
setingkat kita dan menyadari perlunya perhatian pada komunikasi
yang efektif. Akan berbeda kalau kita hanya mementingkan mitra
bicara dibandingkan dengan mempersiapkan komunikasi di segala
aspek. Andaikata terjadi perselisihan pendapat dengan teman
sekerja kita, harus disadari dan diperjelas bahwa bukan berselisih
dengan pribadi yang bersangkutan tetapi hanya ketidaksesuaian
pendapat. Kita perlu memperhatikan pentingnya komunikasi dalam
pelaksanaan dan fungsi organisasi secara menyeluruh.
7. Hambatan Komunikasi
Penyebab-penyebab dari hambatan komunikasi itu antara
lain, sebagai berikut :
a. Komunikator berpikir dalam lingkup dirinya sendiri
b. Berbicara dengan konteks penuh rahasia dan disampaikan
dalam waktu yang lkurang tepat
c. Tanpa memberi contoh nyata, penjelasan sifatnya hanya
umum
24 Iklim Komunikasi Organisasi