Page 27 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 27

Pengertian Komunikasi Organisasi


                                  Komunikasi  dalam  organisasi  dapat  terjadi  dalam  bentuk
                           kata-kata  yang  tertulis  atau  yang  di  ucapkan,  atau  simbol-simbol
                           yang yang menghasilkan perubahan tingkah laku dalam organisasi,
                           baik  antara  manajer  dengan  karyawan  yang  terlibat  dalam
                           pemberian atau pertukaran informasi (Putu Sunarcaya, 2008).
                                  Menurut  Reed  et  al  (Rosmawati,  2010)  koomunikasi
                           organisasi  adalah  sebuah  bentuk  komunikasi  antarpribadi,  tetapi
                           cirinya merupakan bidang yang sedemikian rupa bersifat khas dan
                           signifikan.  Komunikasi  organisasi  merupakan  komunikasi  yang
                           terjadi  dalam  batas-batas  yang  jelas  dan  berkenaan  dengan
                           pencapaian tujuan organisasinya.
                                  Komunikasi  organisasi  (organizational  communication)
                           menunjuk  pada  pola  dan  bentuk  komunikasi  yang  terjadi  dalam
                           konteks dan jaringan organisasi. Komunikasi organisasi melibatkan
                           bentuk-bentuk komunikasi formal dan informal, serta bentuk-bentuk
                           komunikasi  antarpribadi  dan  komunikasi  kelompok.  Pembahasan
                           teori-teori  komunikasi  organisasi  antara  lain  menyangkut  struktur
                           dan  fungsi  organisasi,  hubungan  antarmanusia,  komunikasi,  dan
                           proses  pengorganisasian,  serta  kebudayaan  organisasi  (Sendjaja,
                           2014).

                           Ruang Lingkup Komunikasi Organisasi

                           1.  Komunikasi Internal
                                  Menurut  Sr.  Maria  Assumpta  Rumanti  (Rahmanto,  2004)
                           dalam  suatu  organisasi  yang  melekat  dan  tidak  bisa  tidak  ada
                           adalah:  Pertama,  sasaran  organisasi  adalah  publik  internal  dan
                           publik  eksternal.  Publik  internal  adalah  orang-orang  yang  berada
                           didalam suatau organisasi yaitu seluruh karyawan dari staff sampai
                           dengan  karyawan  terbawah.  Publik  eksternal  adalah  orangorang




                           20                                      Iklim Komunikasi Organisasi
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32