Page 27 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 27
Pengertian Komunikasi Organisasi
Komunikasi dalam organisasi dapat terjadi dalam bentuk
kata-kata yang tertulis atau yang di ucapkan, atau simbol-simbol
yang yang menghasilkan perubahan tingkah laku dalam organisasi,
baik antara manajer dengan karyawan yang terlibat dalam
pemberian atau pertukaran informasi (Putu Sunarcaya, 2008).
Menurut Reed et al (Rosmawati, 2010) koomunikasi
organisasi adalah sebuah bentuk komunikasi antarpribadi, tetapi
cirinya merupakan bidang yang sedemikian rupa bersifat khas dan
signifikan. Komunikasi organisasi merupakan komunikasi yang
terjadi dalam batas-batas yang jelas dan berkenaan dengan
pencapaian tujuan organisasinya.
Komunikasi organisasi (organizational communication)
menunjuk pada pola dan bentuk komunikasi yang terjadi dalam
konteks dan jaringan organisasi. Komunikasi organisasi melibatkan
bentuk-bentuk komunikasi formal dan informal, serta bentuk-bentuk
komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok. Pembahasan
teori-teori komunikasi organisasi antara lain menyangkut struktur
dan fungsi organisasi, hubungan antarmanusia, komunikasi, dan
proses pengorganisasian, serta kebudayaan organisasi (Sendjaja,
2014).
Ruang Lingkup Komunikasi Organisasi
1. Komunikasi Internal
Menurut Sr. Maria Assumpta Rumanti (Rahmanto, 2004)
dalam suatu organisasi yang melekat dan tidak bisa tidak ada
adalah: Pertama, sasaran organisasi adalah publik internal dan
publik eksternal. Publik internal adalah orang-orang yang berada
didalam suatau organisasi yaitu seluruh karyawan dari staff sampai
dengan karyawan terbawah. Publik eksternal adalah orangorang
20 Iklim Komunikasi Organisasi