Page 32 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 32

d.  Bersikap diktator, kurang menggunakan perasaan sebagai
                     pimpinan
                 e.  Kurang menggunakan perasaan sebagai teman
                 f.  Lamban, tidak efisien
                 g.  Terlalu cepat mengambil keputusan
                 h.  Tidak konsekuen, idak ada alternatif

                   Sumber-sumber  kesalahan  dalam  menginterpretasikan
            pesan adalah sebagai berikut:
                 a.  Informasi tidak lengkap
                 b.  Kesimpulan yang terlalu cepat
                 c.  Generalisasi
                 d.  Prasangka
                 e.  Stereotif
                 f.  Hallo effect
                 g.  Proyeksi
                 h.  Norma individu

                   Salah  satu  hambatan  terbesar  bagi  kelancaran  arus
            komunikasi  adalah  keadaan  atau  sikap  yang  sudah  melekat,
            membudaya dalam organisasi itu sendiri, terdapat jarak fisik antar
            orang, dan tempat yang berjauhan, karena waktu yang dibutuhkan
            dalam  system  komunikasi  organisasi  memerlukan  waktu  cukup
            panjang,  berlikuliku,  lambat  dan  lama  sekali  prosesnya.  Hal  itu
            dapat  memadamkan  semangat  dan  didalam  prosesnya  melalui
            berbagai tingkatan sehingga bisa jadi pesan tersebut berubah atau
            menyimpang atau bahkan tidak akurat lagi.

             8.  Komunikasi Eksternal
                   Komunikasi eksternal adalah komunikasi dengan pihak luar,
            antar  organisasi.  Komunikasi  eksternal  dilakukan  menurut
            kelompok sasaran berdasarkan relasi yang harus dibangun, harus
            dibina secara terus menerus yaitu :




            Iklim Komunikasi Organisasi                                    25
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37