Page 33 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 33

a.  Hubungan dalam lingkungan
                               b.  Hubungan dengan instansi pemerintah
                               c.  Hubungan dengan pers

                                  Komunikasi eksternal terdiri dari dua jalur secara timbal balik
                           yaitu komunikasi dari organisasi ke publik dan publik ke organisasi.
                           Komunikasi  dari  organisasi  ke  publik  pada  umunya  bersifat
                           informatif yang dibuat sedemikian rupa sehingga publik merasa ada
                           keterlibatan   dan   setidak-tidaknya   terjadi   hubungan   batin.
                           Komunikasi dari organisasi ke publik dapat melalui berbagai macam
                           saluran, seperti :
                               a.  Majalah organisasi
                               b.  Pers realease
                               c.  Artikel dalam surat kabar
                               d.  Pidato/ uraian radio dan televisi
                               e.  Film dokumenter
                               f.  Brosur, leaflets, poster
                               g.  Konferensi pers, dan lainlain

                                  Menurut Roy Mitchell seorang ilmuwan public relations yang
                           berasal  dari  Trinidat/  Tobago,  dalam  kongres  dunia  tahun  1985,
                           menyampaikan  tiga  hal  yang  mendasar  dan  perlu  diperhatikan
                           adalah :
                               a.  Seorang praktisi  profesional  adalah  mereka  yang mampu
                                   menyusun  konsep,  menentukan  strategi,  mampu  sebagai
                                   penasehat, mampu mengetahui tren secara sistematis dan
                                   mampu memimpin prosesannya
                               b.  Seorang  teknisi  dalam  arti  mampu  mengartikan  terhadap
                                   pelaksanapelaksana,  bagaimana  poin  1  itu  dioperasikan
                                   secara  terkoordinasi  dan  terorganisasi  sehingga  strategi
                                   yang ditentukan benar-benar bisa memberi hasil sesuai







                           26                                      Iklim Komunikasi Organisasi
   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38