Page 38 - Iklim Komunikasi Organisasi
P. 38

(citizens)  dengan  hak-haknya.  Menjadi  warga  negara  dan
            mendapatkan hak-haknya adalah konsekwensi logis secara hukum
            (juga  konsekwensi  politis,  administratif,  dll)  dari  kontrak  sosial
            bersama, yang melahirkan negara berikut dengan; wilayah negara,
            warga  negara,  dan  pemerintahan,  serta  atribut  lainya  dari  negara
            tersebut.  Misalnya  penggunaan  publik  yang  dilekatkan  pada
            transportasi publik, pelayanan publik, dll.
                    Secara  khusus,  publik  dalam  istilah  penyiaran  publik
            sebagaimana  yang  disebut  oleh  Efendi  Ghazali  dalam  ‗Penyiaran
            Publik dan Penyiaran Komunitas Alternatif tapi Mutlak‘, bahwa kata
            publik diposisikan sekaligus dalam dua (2) pengertian yakni sebagai
            khalayak  (pemirsa  atau  pendengar)  dan  sebagai  partisipan  yang
            aktif.  Pemahaman  ini  terkait  dengan  kebebasan  menyatakan
            pendapat,  hak  untuk  mendapatkan  informasi,  serta  upaya
            pemberdayaan  masyarakat  dalam  proses  menuju  masyarakat
            madani. Philip Savage, Manager of Coverage and Regulatory Affair,
            CBC  (Radio  Kanada)  mengatakan  bahwa  yang  dikenal  dengan
            penyiaran  publik  yaitu;  ‗A  public  broadcaster  attemps  to  inform,
            antertain,  and  enligten  the  citizens  of  the  country  as  citizens  first
            and  foremost,  that  is  as  active  participants  in  the  social,  cultural,
            economic, and political life iof Canada‘.
                    Eric  Barendt  (dalam  Mendel,  2000)  membuat  definisi
            tentang  media  penyiaran  publik  (public  service  broadcasting)
            sebagai media yang:
             1.  Tersedia (available) secara general-geographis
             2.  Memiliki concern terhadap identitas dan kultur nasional
             3.  Bersifat  independen,  baik  dari  kepentingan  negara  maupun
                 kepentingan komersil
             4.  Memiliki imparsialitas program
             5.  Memiliki ragam varietas program,
             6.  Pembiayaannya dibebankan kepada pengguna media.






            Iklim Komunikasi Organisasi                                     31
   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43