Page 18 - Cyberbullying & Body Shaming
P. 18

Cyberbullying & Body Shaming


                 3. Bully
                   Anak  laki-laki  menggertak  anak  laki-laki  dan  perempuan.
                   Anak  perempuan  menggertak  murid  di  kelompok  angkatan
                   mereka  sendiri  dan  tahun-tahun  lainnya.  Terutama
                   perempuan  menggertak  gadis  lain  dan  paling  sering
                   perempuan dalam kelompok tahun mereka sendiri.

                    Englander  (2012)  Beberapa  ahli  mengidentifikasi    5  peran,
            seperti:
                 1. Bully.
                   Anak-anak  ini  adalah  pengganggu  di  sekolah  "tradisional".
                   Motivasi bully untuk mendominasi atas victim, meningkatkan
                   status sosial bully sendiri, dan menanamkan ketakutan pada
                   calon victim. Modus operandi bully adalah menyalahgunakan
                   victim  mereka,  baik  secara  fisik  atau  (lebih  umum)  secara
                   psikologis / verbal. Sebagai suatu kelompok, bully cenderung
                   memiliki  harga  diri  yang  tinggi  dan  cenderungan  yang
                   ditandai  untuk  melihat  diri  bully  sebagai  yang  diserang  di
                   lingkungan yang tidak bersahabat.

                 2. Eggers
                   "Eggers"  (disebut  oleh  Olweus  sebagai  "antek"  atau
                   "pengikut")  disebut  demikian  karena  fungsi  utama  eggers
                   adalah  mengikuti  bully.  Anak-anak  ini  adalah  sistem
                   pendukung  utama  untuk  bully  di  sekolah.  Eggers  sering
                   memiliki  harga  diri  yang  rendah  dan  keterampilan  sosial
                   yang  buruk.  Eggers  berteman  dan  membantu  pengganggu
                   karena  eggers  takut  menjadi  victim  dan  karena  dengan
                   melakukan  sesuatu  yang  diperintahkan  bully  jadi  eggers
                   mendapat  status  tinggi,  dan  teman  yang  kuat  secara  sosial.




                                                                            11
   13   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23