Page 54 - Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil Ka’talino, Bacuramin Ka’saruga, Basengat Ka’jubata
P. 54
Prosedur Layanan
Berikut penjelasan tahap layanan bimbingan klasikal:
1. Tahap permulaan.
Pada tahap permulaan peserta didik melakukan review
terhadap tujuannya, mencatat perkembangan dirinya,
memonitor perkembangan dan dikaitkan dengan kebiasaan
dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
2. Tahap pertengahan
Pada tahap pertengahan peserta didik belajar keterampilan dan
strategi baru yang bermanfaat dalam kehidupannya.
3. Tahap akhir
Pada tahap akhir layanan format klasikal konselor harus
mampu mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi
berbagi pengetahuan dalam membuat desain atas tujuan yang
diinginkan. Pelaksanaan layanan format klasikal berpusat pada
peserta didik dan tidak boleh ditinggalkan adalah evaluasi dan
kekonsistenan Guru BK atau konselor dalam mengatur waktu
dan jadwal dalam keseluruhan kegiatan.
Sasaran Pengguna
Pengguna modul ini adalah guru BK/konselor sekolah
dengan kriteria: 1) Berpendidikan S1, S2, S3 Bimbingan dan
Konseling; 2) Memiliki rasa tanggung jawab sebagai helping
prefessional, sehingga memandang tugas bukan sebagai
keterpaksaan; 3) Merupakan guru BK/konselor sekolah di
SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan konselor di Perguruan Tinggi.
Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah
Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata 47