Page 54 - Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil Ka’talino, Bacuramin Ka’saruga, Basengat Ka’jubata
P. 54

Prosedur Layanan


            Berikut penjelasan tahap layanan bimbingan klasikal:
             1.  Tahap permulaan.
                 Pada  tahap  permulaan  peserta  didik  melakukan  review
                 terhadap   tujuannya,    mencatat    perkembangan      dirinya,
                 memonitor  perkembangan  dan  dikaitkan  dengan  kebiasaan
                 dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
             2.  Tahap pertengahan
                 Pada tahap pertengahan peserta didik belajar keterampilan dan
                 strategi baru yang bermanfaat dalam kehidupannya.
             3.  Tahap akhir
                 Pada  tahap  akhir  layanan  format  klasikal  konselor  harus
                 mampu  mengajak  peserta  didik  untuk  melakukan  refleksi
                 berbagi pengetahuan dalam membuat desain atas tujuan yang
                 diinginkan. Pelaksanaan layanan format klasikal berpusat pada
                 peserta didik dan tidak boleh ditinggalkan adalah evaluasi dan
                 kekonsistenan Guru BK atau konselor dalam mengatur waktu
                 dan jadwal dalam keseluruhan kegiatan.

            Sasaran Pengguna


                   Pengguna  modul  ini  adalah  guru  BK/konselor  sekolah
            dengan  kriteria:  1)  Berpendidikan  S1,  S2,  S3  Bimbingan  dan
            Konseling;  2)  Memiliki  rasa  tanggung  jawab  sebagai  helping
            prefessional,  sehingga  memandang  tugas  bukan  sebagai
            keterpaksaan;  3)  Merupakan  guru  BK/konselor  sekolah  di
            SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan konselor di Perguruan Tinggi.








             Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah
             Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata      47
   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59