Page 174 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 174

GLOSARIUM




                  Empat kesalahan yang sering dilakukan oleh guru, yaitu: Pertama,
                  ketika  mengajar  guru  tidak  berusaha  mencari  informasi,  apakah

                  materi yang diajarkannya sudah diphami peserta didik atau belum
                  atau dengan kata lain guru tidak berusaha mengetahui kemampuan

                  peserta didik dari awal tatap muka pembelajaran. Kedua, guru tidak

                  berusaha mengajak berpikir kritis peserta didik. Fokus hanya pada
                  guru  mengajar  dengan  ceramah  dan  komunikasi.  Guru  berasumsi

                  bahwa  peserta  didik  lebih  baik  menghapal  materi  daripada
                  mengembangkan berpikir kritis. Ketiga, guru tidak berusaha mencari

                  umpan balik mengapa peserta didik tidak mau mendengarkan


                  Kemampuan belajar warga negara diaplikasikan dalam kompetensi

                  Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dibagi ke dalam 3 kelompok,
                  yaitu sebagai berikut.

                  5.     Kompetensi untuk menguasai pengetahuan
                  kewarganegaraan

                  d.     Memahami  tujuan  pemerintahan  dan  prinsip-prinsip  dasar

                  konstitusi pemerintahan republik Indonesia.
                  e.     Mengetahui struktur, fungsi dan tugas pemerintahan daerah

                  dan nasional serta bagaimana keterlibatan warga negara membentuk
                  kebijaksanaan publik.

                  f.     Mengetahui hubungan negara dan bangsa Indonesia dengan





                                                 166
   169   170   171   172   173   174   175   176   177   178   179