Page 174 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 174
GLOSARIUM
Empat kesalahan yang sering dilakukan oleh guru, yaitu: Pertama,
ketika mengajar guru tidak berusaha mencari informasi, apakah
materi yang diajarkannya sudah diphami peserta didik atau belum
atau dengan kata lain guru tidak berusaha mengetahui kemampuan
peserta didik dari awal tatap muka pembelajaran. Kedua, guru tidak
berusaha mengajak berpikir kritis peserta didik. Fokus hanya pada
guru mengajar dengan ceramah dan komunikasi. Guru berasumsi
bahwa peserta didik lebih baik menghapal materi daripada
mengembangkan berpikir kritis. Ketiga, guru tidak berusaha mencari
umpan balik mengapa peserta didik tidak mau mendengarkan
Kemampuan belajar warga negara diaplikasikan dalam kompetensi
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dibagi ke dalam 3 kelompok,
yaitu sebagai berikut.
5. Kompetensi untuk menguasai pengetahuan
kewarganegaraan
d. Memahami tujuan pemerintahan dan prinsip-prinsip dasar
konstitusi pemerintahan republik Indonesia.
e. Mengetahui struktur, fungsi dan tugas pemerintahan daerah
dan nasional serta bagaimana keterlibatan warga negara membentuk
kebijaksanaan publik.
f. Mengetahui hubungan negara dan bangsa Indonesia dengan
166