Page 175 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 175
negara- negara dan bangsa-bangsa lain beserta masalah-masalah
dunia dan/atau internasional.
6. Kompetensi untuk menguasai keterampilan
kewarganegaraan
g. Mengambil atau menetapkan keputusan yang tepat melalui
proses pemecahan masalah dan inkuiri.
h. Mengevaluasi kekuatan dan kelemahan suatu isu tertentu.
i. Menentukan atau mengambil sikap guna mencapai suatu
posisi tertentu.
j. Membela atau mempertahankan posisi dengan
mengemukakan argumen yang kritis, logis, dan rasional.
k. Memaparkan suatu informasi yang penting kepada khalayak
umum.
l. Membangun koalisi, kompromi, negosiasi dan consensus.
7. Kompetensi untuk menguasai karakter kewarganegaraan
e. Memberdayakan dirinya sebagai warga negara yang
independen, aktif, kritis, well-informed, dan bertanggungjawab
untuk berpartisipasi secara efektif dan efisien dalam berbagai
aktivitas masyarakat, politik, dan pemerintahan pada semua
tingkatan (daerah dan nasional).
f. Memahami bagaimana warga negara melaksanakan peranan,
hak dan tanggungjawab personal untuk berpartisipasi dalam
kehidupan masyarakat pada semua tingkatan (daerah dan nasional).
g. Memahami, menghayati, dan menerapkan nilai-nilai budi
pekerti, demokrasi, hak asasi manusia dan nasionalisme dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
167