Page 176 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 176
h. Memahami dan menerapkan prinsip-prinsip hak asasi
manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Belajar Pendidikan Kewarganegaraan mampu menciptakan warga
negara yang baik (good citizens). Teori Gastalt menjelaskan belajar
merupakan suatu proses perkembangan artinya bahwa secara kodrati
jiwa raga anak mengalami perkembangan. Perkembangan sendiri
memerlukan sesuatu yang berasal dari diri siswa sendiri maupun
pengaruh dari lingkungannya. Berdasarkan teori ini hasil belajar
peserta didik dipengaruhi oleh dua hal, peserta didik itu sendiri dan
lingkungannya. Pertama, peserta didik dalam arti kemampuan
berfikir atau tingkah laku intelektual, motivasi, minat, dan kesiapan
peserta didk baik jasmani maupun rohani. Kedua, lingkungan yaitu
sarana dan prasarana, kompetensi guru, kreativitas guru, sumber-
sumber belajar, model, metode serta dukungan lingkungan, keluarga
dan lingkungan.
Model pembelajaran merupakan bingkai dari pendekatan, strategi,
metode, teknik, dan taktik yang akan diterapkan dalam proses
kegiatan interaksi belajar antara tenaga pendidik dengan peserta
didik sehingga materi yang disampaikan akan sampai pada peserta
didik.
Sejarah revolusi industri dimulai dari industri 1.0, 2.0, 3.0, hingga
industri 4.0. Fase industri merupakan real change dari perubahan
yang ada. Industri 1.0 ditandai dengan mekanisasi produksi untuk
menunjang efektifitas dan efisiensi aktivitas manusia, industri 2.0
168