Page 177 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 177

dicirikan oleh produksi massal dan standarisasi mutu, industri 3.0
                  ditandai  dengan  penyesuaian  massal  dan  fleksibilitas  manufaktur

                  berbasis  otomasi  dan  robot.  Industri  4.0  selanjutnya  hadir
                  menggantikan  industri  3.0  yang  ditandai  dengan  cyber  fisik  dan

                  kolaborasi  manufaktur.  Istilah  industri  4.0  berasal  dari  sebuah

                  proyek  yang  diprakarsai  oleh  pemerintah  Jerman  untuk
                  mempromosikan komputerisasi manufaktur.


                  Paradigma  baru  ini  merupakan  upaya  untuk  menggantikan

                  paradigma lama PKn (PPKn), yang antara lain bercirikan struktur
                  keilmuan yang tidak jelas, materi disesuaiakan dengan kepentingan

                  politik rezim (hegemoni penguasa), memiliki visi untuk memperkuat

                  state  building  (  negara  otoriter  birokratis;  kooptasi  negara)  yang
                  bermuara pada posisi warga negara sebagai kaula atau obyek yang

                  sangat lemah ketika berhadapan dengan penguasa.


                  Sesungguhnya secara konseptual dan teoritik Civic Education (PKn)

                  telah  lama  jauh  sebelum  itu  mengharuskan  perlunya  ketiga
                  komponen pokok tersebut, dikembangkan dalam PKn yang bermutu.

                  Hal ini seperti yang diajukan oleh Center for Civic Education pada
                  tahun 1994 dalam National Standards for Civics and Government.

                  Ketiga komponen pokok tersebut, yaitu civic knowledge, civic skills,

                  dan civic dispositions.













                                                 169
   172   173   174   175   176   177   178   179   180