Page 177 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 177
dicirikan oleh produksi massal dan standarisasi mutu, industri 3.0
ditandai dengan penyesuaian massal dan fleksibilitas manufaktur
berbasis otomasi dan robot. Industri 4.0 selanjutnya hadir
menggantikan industri 3.0 yang ditandai dengan cyber fisik dan
kolaborasi manufaktur. Istilah industri 4.0 berasal dari sebuah
proyek yang diprakarsai oleh pemerintah Jerman untuk
mempromosikan komputerisasi manufaktur.
Paradigma baru ini merupakan upaya untuk menggantikan
paradigma lama PKn (PPKn), yang antara lain bercirikan struktur
keilmuan yang tidak jelas, materi disesuaiakan dengan kepentingan
politik rezim (hegemoni penguasa), memiliki visi untuk memperkuat
state building ( negara otoriter birokratis; kooptasi negara) yang
bermuara pada posisi warga negara sebagai kaula atau obyek yang
sangat lemah ketika berhadapan dengan penguasa.
Sesungguhnya secara konseptual dan teoritik Civic Education (PKn)
telah lama jauh sebelum itu mengharuskan perlunya ketiga
komponen pokok tersebut, dikembangkan dalam PKn yang bermutu.
Hal ini seperti yang diajukan oleh Center for Civic Education pada
tahun 1994 dalam National Standards for Civics and Government.
Ketiga komponen pokok tersebut, yaitu civic knowledge, civic skills,
dan civic dispositions.
169