Page 79 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 79

yang mengharuskan mereka tampil ke depan maka terbentuk dengan
                  sendirinya  berani  tampil  di  depan  teman-teman  mereka  sendiri

                  (doc.ady/rekaman/2014).
                  c.     Suara Jelas dan Keras


                  Hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa disimpulkan bahwa
                  suara jelas dan keras mereka belum maksimal dikeluarkan karena

                  mereka mencontoh

                  guru-guru sebelumnya yang ada di sekolah dasar berdasarkan hasil
                  dari sekolah mereka sendiri guru tidak perlu mempunyai suara jelas

                  dan keras karena kebanyakkan pembelajaran di sekolah dasar
                  masih mencatat di papan tulis dan mendiktekan materi jadi mereka

                  kurang sadar dengan hal ini (doc.ady/rekaman/2014).

                  d.     Mempunyai Karakter/Ciri Khas


                  Hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa disimpulkan bahwa
                  kemampuan untuk menampilkan karakter/ciri khas belum mereka

                  pahami  sepenuhnya  karena  mereka  masih  kurang  mengerti  akan
                  keperibadian mereka sendiri, apa kekurangan dan kelebihan mereka

                  untuk dapat dijadikan karakter/ciri khas seorang guru yang baik dan

                  sesuai dengan teori serta pedoman (doc.ady/rekaman/2014).
                  e.     Pengetahuan/wawasan yang luas


                  Hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa disimpulkan bahwa
                  pengetahuan/wawasan  yang  mereka  belum  begitu  meluas  karena

                  masalah klasik di setiap perguruan tinggi dan daerah yaitu kuantitas
                  dan  kualitas  buku  di  perpustakaan  baik  diperguruan  tinggi  dan

                  daerah  belum  memiliki  rasio  kecukupan  yang  memadai  sehingga



                                                  71
   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84