Page 79 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 79
yang mengharuskan mereka tampil ke depan maka terbentuk dengan
sendirinya berani tampil di depan teman-teman mereka sendiri
(doc.ady/rekaman/2014).
c. Suara Jelas dan Keras
Hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa disimpulkan bahwa
suara jelas dan keras mereka belum maksimal dikeluarkan karena
mereka mencontoh
guru-guru sebelumnya yang ada di sekolah dasar berdasarkan hasil
dari sekolah mereka sendiri guru tidak perlu mempunyai suara jelas
dan keras karena kebanyakkan pembelajaran di sekolah dasar
masih mencatat di papan tulis dan mendiktekan materi jadi mereka
kurang sadar dengan hal ini (doc.ady/rekaman/2014).
d. Mempunyai Karakter/Ciri Khas
Hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa disimpulkan bahwa
kemampuan untuk menampilkan karakter/ciri khas belum mereka
pahami sepenuhnya karena mereka masih kurang mengerti akan
keperibadian mereka sendiri, apa kekurangan dan kelebihan mereka
untuk dapat dijadikan karakter/ciri khas seorang guru yang baik dan
sesuai dengan teori serta pedoman (doc.ady/rekaman/2014).
e. Pengetahuan/wawasan yang luas
Hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa disimpulkan bahwa
pengetahuan/wawasan yang mereka belum begitu meluas karena
masalah klasik di setiap perguruan tinggi dan daerah yaitu kuantitas
dan kualitas buku di perpustakaan baik diperguruan tinggi dan
daerah belum memiliki rasio kecukupan yang memadai sehingga
71