Page 78 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 78

presentasi  dan  mereka  kurang  terbiasa  untuk  melakukan  tugas
                  kelompok  dengan  karakter/ciri  khas  yang  sesuai  dengan  posisi

                  mereka sebagai calon guru sekolah dasar.
                  e.     Pengetahuan yang Luas


                         Mahasiswa  PGSD  kurang  pengetahuan  yang  luas  disaat
                  menampilkan  tugas  kelompok,  terlihat  bahwa  mereka  kurang

                  mampu  menjawab  pertanyaan  secara  benar,  kurang  logis,  dan

                  kurang mempunyai literatur. Kurang pengetahuan yang luas karena
                  mereka  kurang  memaksimalkan  waktu  dalam  mengerjakan  tugas

                  yang akan mereka presentasikan dan mereka kurang terbiasa untuk
                  melakukan  tugas  kelompok  dengan  tanggungjawab  dan  sesuai

                  dengan posisi mereka sebagai calon guru sekolah dasar.
                  1.     Kompetensi Guru Berkemajuan

                  a.     Percaya Diri

                  Hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa disimpulkan bahwa

                  percaya diri selalu ada dalam diri mereka tetapi karena tugas-tugas

                  yang kurang mengarah pada kemampuan untuk memperkuat percaya
                  diri  kurang  dan  kurang  diarahkan  maka  mahasiswa  tidak  dapat

                  melatih  diri  mereka  sebagaimana  kepribadian  seorang  guru

                  semaksimal  mungkin  (doc.ady/rekaman/2014)  jadi  tugas  banyak
                  mengarah pada teroitis tidak praktis.

                  b.     Berani Tampil

                  Hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa disimpulkan bahwa

                  berani  tampil  tergantung  pada  kepercayaan  diri  mereka  sewaktu
                  perkuliahan-  perkuliahan  sebelumnya  yaitu  semakin  sering  tugas




                                                  70
   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83