Page 78 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 78
presentasi dan mereka kurang terbiasa untuk melakukan tugas
kelompok dengan karakter/ciri khas yang sesuai dengan posisi
mereka sebagai calon guru sekolah dasar.
e. Pengetahuan yang Luas
Mahasiswa PGSD kurang pengetahuan yang luas disaat
menampilkan tugas kelompok, terlihat bahwa mereka kurang
mampu menjawab pertanyaan secara benar, kurang logis, dan
kurang mempunyai literatur. Kurang pengetahuan yang luas karena
mereka kurang memaksimalkan waktu dalam mengerjakan tugas
yang akan mereka presentasikan dan mereka kurang terbiasa untuk
melakukan tugas kelompok dengan tanggungjawab dan sesuai
dengan posisi mereka sebagai calon guru sekolah dasar.
1. Kompetensi Guru Berkemajuan
a. Percaya Diri
Hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa disimpulkan bahwa
percaya diri selalu ada dalam diri mereka tetapi karena tugas-tugas
yang kurang mengarah pada kemampuan untuk memperkuat percaya
diri kurang dan kurang diarahkan maka mahasiswa tidak dapat
melatih diri mereka sebagaimana kepribadian seorang guru
semaksimal mungkin (doc.ady/rekaman/2014) jadi tugas banyak
mengarah pada teroitis tidak praktis.
b. Berani Tampil
Hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa disimpulkan bahwa
berani tampil tergantung pada kepercayaan diri mereka sewaktu
perkuliahan- perkuliahan sebelumnya yaitu semakin sering tugas
70