Page 77 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 77
yang pintar, kurang paham terhadap pertanyaan sehingga menjawab
seadanya saja, dan tidak ada persiapan yang baik. Kurang berani ini
karena mereka belum mempunyai kemampuan yang maksimal
tentang apa yang akan mereka presentasikan dan mereka kurang
ditekankan pada saat melaksanakan tugas kelompok bahwa semua
anggota harus bisa menjawab pertanyaan dan membantu menjawab
pertanyaan anggota yang lain dengan posisi mereka sebagai calon
guru sekolah dasar.
c. Suara Jelas dan Keras
Mahasiswa PGSD kurang bersuara keras dan jelas disaat
menampilkan tugas kelompok, terlihat bahwa mereka kurang
mampu menelaah pertanyaan yang diberikan, belum terbiasa
mengonsep suatu jawaban secara sistematis, dan kurang
mempersiapkan mental. Kurang bersuara jelas dan keras karena
mereka kurang mampu berpikir secara sistematis dalam menjawab
pertanyaan sehingga terlihat ragu-ragu dalam menjawab tentang apa
yang akan mereka presentasikan dan mereka kurang terbiasa untuk
melakukan tugas kelompok secara benar yang sesuai indikator dan
posisi mereka sebagai calon guru sekolah dasar.
d. Mempunyai Karakter/Ciri Khas
Mahasiswa PGSD kurang menampilkan karakter/ciri khas disaat
menampilkan tugas kelompok, terlihat bahwa mereka hanya
melaksanakan tugas diskusi (ada pertanyaan dan jawaban), kurang
menguasai teknologi. Kurang menampilkan karakter/ciri khas
karena mereka kurang dibimbing secara maksimal sewaktu mereka
69