Page 76 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 76
mereka kebanyakkan hanya copy paste dan kurang menampilkan
hasil pemikiran mereka. Kurang pengetahuan yang luas karena
mereka kurang mempunyai pengalaman, kehadiran mereka ke
perpustaakaan, dan masih banyak yang kurang menguasai teknologi,
informasi, dan komputer dan mereka kurang terbiasa untuk
melakukan tugas individu yang sesuai dengan posisi mereka sebagai
calon guru sekolah dasar akhirnya penguasaan situasi dan kondisi
kurang maksimal malah cenderung kurang memperhatikan.
2. Kompetensi Mengajar dengan Tugas Kelompok
Identifikasi kompetensi mengajar mahasiswa semester Program
Studi PGSD dengan menerapkan metode penelitian kualitatif dengan
jenis strategi penelitian kasus. Identifikasi ini berdasarkan dari tugas
kelompok, dari data hasil rekaman video dan observasi langsung
maka dihasilkan beberapa hasil penelitian, yaitu:
a. Percaya Diri
Mahasiswa PGSD kurang percaya diri diaat menampilkan
tugas kelompok, ini terlihat bahwa mereka masih gugup, grogi, kaku
dan monoton membaca teks. Kurang percaya diri ini timbul karena
mereka belum mempunyai pengetahuan yang luas tentang apa yang
akan mereka presentasikan dan mereka kurang terbiasa untuk
melakukan tugas individu yang sesuai dengan posisi mereka sebagai
calon guru sekolah dasar.
b. Berani Tampil
Mahasiswa PGSD kurang berani tampil disaat menampilkan
tugas kelompok terlihat bahwa mereka masih mengadalkan teman
68