Page 71 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 71

mahasiswa  terutama  dalam  hal  percaya  diri,  berani  tampil,  suara
                  keras dan jelas dan karakter/ciri khas belum sepenuhnya dimiliki

                  mahasiswa  sehingga  Mahasiswa  Program  Studi  PGSD  juga  tidak
                  begitu dapat menguasai situasi dan kondisi kelas. Tugas individu dan

                  tugas  kelompok  dapat  meningkatkan  kompetensi  para calon  guru

                  apabila memang diatur sedemikian rupa sehingga sesuai indikator
                  kompetensi yang diinginkan (Suharjo, 2006).

                  Perkembangan  intelektual,  emosional,  dan  sosial  (Jecquelynne
                  Eccles,  et.  Al  (Yusuf  L.N.,  2013)  mengemukakan  tiga  tipe

                  kompetensi  yang  seyogyanya  dimiliki  oleh  remaja,  yaitu  sebagai
                  berikut.

                                   Tabel 7. Tipe-Tipe Kompetensi


                  Aspek        Kompetensi
                  1.  Intelektual   1.   Mengetahui keterampilan pokok dalam kehidupan dan
                                     pekerjaan.
                                2.   Memiliki kebiasaan berpikir atau keterampilan berpikir
                                     kritis.
                                3.   Memiliki keterampilan mengambil keputusan yang baik.
                                4.   Memiliki pemahaman lebih dari satu kebudayaan secara
                                     mendalam.
                                5.   Memahami keterampilan yang diperlukan untuk
                                     menyesuaikan diri dengan kebudayaan yang beragam.
                                6.   Sukses (berprestasi) di sekolah.





















                                                  63
   66   67   68   69   70   71   72   73   74   75   76