Page 71 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 71
mahasiswa terutama dalam hal percaya diri, berani tampil, suara
keras dan jelas dan karakter/ciri khas belum sepenuhnya dimiliki
mahasiswa sehingga Mahasiswa Program Studi PGSD juga tidak
begitu dapat menguasai situasi dan kondisi kelas. Tugas individu dan
tugas kelompok dapat meningkatkan kompetensi para calon guru
apabila memang diatur sedemikian rupa sehingga sesuai indikator
kompetensi yang diinginkan (Suharjo, 2006).
Perkembangan intelektual, emosional, dan sosial (Jecquelynne
Eccles, et. Al (Yusuf L.N., 2013) mengemukakan tiga tipe
kompetensi yang seyogyanya dimiliki oleh remaja, yaitu sebagai
berikut.
Tabel 7. Tipe-Tipe Kompetensi
Aspek Kompetensi
1. Intelektual 1. Mengetahui keterampilan pokok dalam kehidupan dan
pekerjaan.
2. Memiliki kebiasaan berpikir atau keterampilan berpikir
kritis.
3. Memiliki keterampilan mengambil keputusan yang baik.
4. Memiliki pemahaman lebih dari satu kebudayaan secara
mendalam.
5. Memahami keterampilan yang diperlukan untuk
menyesuaikan diri dengan kebudayaan yang beragam.
6. Sukses (berprestasi) di sekolah.
63