Page 68 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 68
mengungkapkan kelemahan belajar siswa dan kelemahan
pengajaran menyeluruh (Suryosubroto, 1997).
Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa
mengajar adalah memberikan sesuatu dengan cara
membimbing dan membantu kegiatan belajar kepada
seseorang (siswa) dalam mengembangkan potensi
intelektual, (emosional serta spiritualnya) sehingga
potensi-potensi tersebut dapat berkembang secara optimal.
Hal ini senada dengan yang dikemukakan William Burton
“teaching is the guidance of learning activities, teaching
is for purpose of aiding the pupil learn” yang berarti
bahwa mengajar itu memimpin aktivitas/kegiatan belajar
dan bermaksud untuk membantu/menolong siswa dalam
belajarnya.
Gagne dan Brig (1979) mengemukakan bahwa pengajaran
bukanlah sesuatu yang terjadi secara kebetulan, melainkan
adanya kemampuan guru yang dimiliki tentang dasar-
dasar mengajar yang baik. Instruction is the means
employed by teacher, designer of materials, curriculum
specialist, and promote whose purpose is to develop and
organized plan top promote learning (Suryosubroto,
1997).
D. Sekolah Dasar
Sekolah dasar merupakan satuan pendidikan yang
menyelenggarakan pendidikan enam tahun. Sekolah dasar
merupakan bagian dari pendidikan dasar. Di dalam Peraturan
Pemerintah Repbublik Indonesia Nomor 28 Tahun 1990 tentang
Pendidikan Dasar disebutkan bahwa pendidikan dasar merupakan
pendidikan sembilan tahun, terdiri atas program pendidikan enam
tahun di sekolah dasar dan program pendidikan tiga tahun di sekolah
lanjutan tingkat pertama (SLTP). Dengan demikian, sekolah dasar
merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan pada jenjang
60