Page 72 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 72
2. Emosional 1. Memiliki mental yang sehat, termasuk menghargai diri
sendiri secara positif.
2. Memiliki kemampuan meregulasi emosi dan mengatasi
masalah dengan baik.
3. Memiliki keterampilan meresolusi konflik dengan baik.
4. Memiliki motif berprestasi yang baik.
5. Memiliki personal efficacy (keyakinan terhadap
kemampuannya sendiri untuk mengatasi masalah) yang
baik.
6. Planfulness.
7. Memiliki kemandirian atau rasa tanggungjawab sendiri.
8. Bersikap optimis dengan mendasarkan kepada realita.
9. Memiliki identitas pribadi dan sosial yang memadai.
10. Bersikap proposial dan peka terhadap nilai-nilai budaya.
11. Memiliki kesadaran spiritual sebagai wahana untuk
mencapai tujuan kehidupan.
12. Memiliki karakter moral yang kuat (strong moral
character).
3. Sosial 1. Memiliki hubungan yang baik dengan orang tua, guru, dan
orang dewasa lainnya.
2. Memiliki kesadaran untuk berhubungan dengan jejaring
kehidupan sosial yang lebih luas.
3. Memiliki sikap proposial dengan lembaga-lembaga
tertentu, seperti sekolah, rumah ibadah, dan pusat-
pusat pengembangan kepemudaan.
4. Memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan
konteks budaya yang beragam.
5. Memiliki komitmen terhadap hak dan kewajiban sebagai
warga negara.
64