Page 67 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 67

keterampilan.  Mengajar  pada  dasarnya  menciptakan  system
                  pembelajaran  sesuai  yang  direncanakan  sebelumnya.  Sedangkan

                  kemampuan  yang  harus  dimiliki  meliputi  kemampuan  membuka
                  pembelajaran,     kemampuan      menjelaskan,     member      ide,

                  mendemonstrasikan, mendefinisikan, membandingkan, memotivasi,

                  mendisiplinkan, bertanya, maupun mendorong peserta didik untuk
                  berpikir, memberikan penguatan, dengan menggunakan materi dan

                  berbagai siasat (tehnik), metode, media, sumber belajar, dan semua
                  factor pendukung yang sesuai dan kemampuan untuk menyimpulkan

                  pembelajaran.  Kegiatan-  kegiatan  untuk  mendukung  pelaksanaan
                  hal tersebut beraneka ragam ada di dalam, ada di luar kelas, ada

                  individual, ada pula dalam kelompok.

                      Mengajar dengan sukses tidak dapat dilakukan menurut suatu

                  pola  tertentu  yang  diikuti  secara  rutin.  Ini  tercapai  bila  dalam

                  mengajar itu diutamakan pemahaman, wawasan, (insight) inisiatif
                  dan kerjasama dengan mengembangkan kreativitas. Hasil itu tidak

                  akan  tercapai  bila  mengajar  itu  hanya  merupakan  latihan  untuk

                  menghafalkan  hal-hal  yang  misalnya  dianggap  perlu  untuk  ujian
                  (Mursell dan Nasution, 2002).


                      Menurut      Tim     Pembina     Mata     Kuliah     Didaktik
                  Metodik/Kurikulum IKIP Surabaya (1988) mengemukakan bahwa:

                        Efisiensi dan Efektivitas mengajar dalam proses interaksi
                        belajar mengajar yang baik adalah segala daya upaya guru
                        untuk  membantu  murid-murid  agar  bisa  belajar  dengan
                        baik.  Untuk  mengetahui  efektivitas  mengajar,  dengan
                        memberikan  tes  sebagai  hasil  tes  dapat  dipakai  untuk
                        mengevaluasi berbagai aspek proses pengajaran. Hasil tes



                                                  59
   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72