Page 66 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 66

dari  sifat-sifat  khas,  dan  perasaan  serta  naluri  guru.  Keempat,
                  pembelajaran  dipandang  sebagai  penciptaan  suatu  sistem

                  lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar (Suharjo,
                  2006: 85).

                   C.  Mengajar (Teaching Skills)

                      Kriterium utama untuk mengajar dengan sukses ialah: apakah

                  mengajar  itu  berhasil  atau  tidak.  Sukses  tidaknya  mengajar

                  ditentukan oleh hasil mengajar itu, berhasil bila anak-anak sungguh-
                  sungguh belajar sesuatu, misalnya ia bertambah pandai main piano,

                  main  voli,  memecahkan  soal-soal  aljabar,  menggunakan  bahasa
                  Inggris,  memahami  sejarah,  menerapkan  pengetahuan  PKn  dan

                  sebagainya. Mengajar identik dengan keterampilan dasar mengajar.
                  Rusman  (2013)  mengemukakan  suatu  karakteristik  umum  dari

                  seseorang yang berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan

                  yang diwujudkan melalui tindakan.

                      Rusman (2013)  peranan guru  yang paling dianggap dominan

                  dan  diklisifikasikan  sebagai  berikut,  yaitu  (1)  guru  sebagai
                  demonstrator;  (2)  guru  sebagai  pengelola  kelas;  (3)  guru  sebagai

                  mediator dan fasilitator; dan (4) guru sebagai evaluator. Hal tersebut

                  diperkuat dengan pendapat Joyce dan Weil (1980) mengemukakan
                  22 model mengajar yang dikelompokkan ke dalam 4 hal, yaitu (1)

                  proses informasi, (2) perkembangan pribadi, (3) interaksi sosial, (4)
                  modifikasi tingkah laku (Usman, 2006).


                      Rusman  (2013)  mengemukakan  dalam  mengajar,  guru  harus
                  memiliki  keterampilan  tertentu,  meliputi  pengetahuan  dan




                                                  58
   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71