Page 66 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 66
dari sifat-sifat khas, dan perasaan serta naluri guru. Keempat,
pembelajaran dipandang sebagai penciptaan suatu sistem
lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar (Suharjo,
2006: 85).
C. Mengajar (Teaching Skills)
Kriterium utama untuk mengajar dengan sukses ialah: apakah
mengajar itu berhasil atau tidak. Sukses tidaknya mengajar
ditentukan oleh hasil mengajar itu, berhasil bila anak-anak sungguh-
sungguh belajar sesuatu, misalnya ia bertambah pandai main piano,
main voli, memecahkan soal-soal aljabar, menggunakan bahasa
Inggris, memahami sejarah, menerapkan pengetahuan PKn dan
sebagainya. Mengajar identik dengan keterampilan dasar mengajar.
Rusman (2013) mengemukakan suatu karakteristik umum dari
seseorang yang berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan
yang diwujudkan melalui tindakan.
Rusman (2013) peranan guru yang paling dianggap dominan
dan diklisifikasikan sebagai berikut, yaitu (1) guru sebagai
demonstrator; (2) guru sebagai pengelola kelas; (3) guru sebagai
mediator dan fasilitator; dan (4) guru sebagai evaluator. Hal tersebut
diperkuat dengan pendapat Joyce dan Weil (1980) mengemukakan
22 model mengajar yang dikelompokkan ke dalam 4 hal, yaitu (1)
proses informasi, (2) perkembangan pribadi, (3) interaksi sosial, (4)
modifikasi tingkah laku (Usman, 2006).
Rusman (2013) mengemukakan dalam mengajar, guru harus
memiliki keterampilan tertentu, meliputi pengetahuan dan
58