Page 65 - Pengembangan Paradigma Kompetensi Mengajar Guru PKn SD Era Industri 4.0
P. 65

umpan balik. Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan
                  Kemdiknas (2011) mengemukakan bahwa guru juga harus mampu

                  mengembangkan  (1)  potensi  dasar  sikap  berhati  baik,  berpikiran
                  baik,  dan  berperilaku  baik;  (2)  memperkuat  dan  membangun

                  perilaku bangsa yang multikultur; dan (3) meningkatkan peradaban

                  bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia (Samani dkk, 2017).

                  B.  Pembelajaran

                      Rusman     (2014)    mengemukakan      bahwa    pembelajaran

                  merupakan suatu sistem, yang terdiri atas berbagai komponen yang

                  saling  berhubungan  satu  dengan  yang  lain.  Komponen  tersebut
                  meliputi: tujuan, materi, metode, dan evaluasi. Keempat komponen

                  pembelajaran tersebut harus diperhatikan oleh guru dalam memilih
                  dan  menentukan  model-nodel  pembelajaran  apa  yang  akan

                  digunakan  dalam  kegiatan  pembelajaran.  Sanjaya  (2008)
                  mengemukakan  proses  pembelajaran  harus  dipandang  sebagai

                  proses  pengembangan  kemampuan  atau  potensi  yang  dimiliki

                  peserta didik. Kartadinata, S dan Permana, J., 1997; Raka joni, 1983;
                  Hasibuan  dan  Mudjiono,  1995,  menyatakan  pembelajaran  dapat

                  diartikan  dari  beberapa  sudut  pandang.  Pertama,  pembelajaran
                  diartikan  sebagai  kegiatan  menyampaikan  pesan  berupa

                  pengetahuan,  keterampilan,  dan  sikap  dari  guru  kepada  peserta
                  didik.  Kedua,  pembelajaran  dipandang  sebagai  suatu  proses

                  penggunaan  seperangkat  ketrampilan  (teaching  as  a  skill)  secara

                  terpadu.  Ketiga,  pembelajaran  dipandang  suatu  seni,  yang
                  mengutamakan penampilan (kinerja) guru secara unik yang berasal-





                                                  57
   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70