Page 50 - Teknik Creative Problem Solving
P. 50

Teknik Creative Problem Solving


              3.  Tahap     implementasi     dimulai    dengan     Menjelajahi
                  Penerimaan. Memiliki solusi hebat tidak cukup untuk sukses,
                  terutama  jika  solusi  ini  berarti  yang  lain  harus  merangkul
                  perubahan  -  cara  baru  dalam  melakukan,  berpikir,  atau
                  melaksanakan       pekerjaan. Sebelum       bergegas      ke
                  mengimplementasikan  solusi  baru,  tujuan  Menjelajahi
                  Penerimaan  adalah  untuk  menyebabkan  individu,  tim,  atau
                  organisasi untuk melakukan jeda dan memeriksa faktor-faktor
                  dalam  konteks  mereka  yang  harus  dipertimbangkan  untuk
                  solusi  yang  akan  diadopsi. Wawasan  yang  diperoleh  melalui
                  langkah ini secara langsung diterapkan pada langkah terakhir,
                  Merumuskan  Rencana. Pada  titik  ini,  rencana  implementasi
                  spesifik adalah dirancang  yang akan memindahkan solusi ke
                  dalam tindakan.

                  Model CPS  menjelaskan kecenderungan alami ini bagi pikiran
            untuk  bergerak  maju  melalui  proses  langkah-langkah  atau  untuk
            mundur dan meninjau kembali langkah sebelumnya, serta kebutuhan
            untuk pemecah masalah untuk menyesuaikan penerapan proses CPS
            sesuai  dengan  keadaan  yang  terkait  dengan  situasi  tersebut. Ini
            berangkat dari aplikasi sekuensial langkah-kunci dari proses CPS, di
            mana  individu  atau  grup  selalu  dimulai  dengan  langkah  pertama
            yang diidentifikasi dan bergerak melalui proses model secara  linier,
            pada awalnya ditantang oleh model komponen yang diterbitkan oleh
            Isaksen et al 1994 (Puccio& Cabra, 2009). Dengan kerangka kerja
            proses  ini  muncul  pengenalan  dua  kegiatan  proses  awal,  disebut
            penilaian  tugas  dan  penilaian  proses,  yng  memungkinkan  seorang
            individu  atau  kelompok  untuk  menentukan  apakah    CPS  sesuai
            untuk  masalah  dan,  jika  demikian,  di  mana  untuk  memulai  dalam
            proses.




                                                                            43
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55