Page 51 - Teknik Creative Problem Solving
P. 51

Dina Fariza Tryani Syarif,  M. Fatchurahman, Karyanti


                                Berdasarkan  pengalaman  yang  luas  dalam  mengajar  dan
                           meneliti  model  CPS,  tujuh  keterampilan  berpikir  utama
                           digambarkan. Tinjauan  literatur  yang  luas  telah  dilakukan  untuk
                           mengkonfirmasi  apakah  para  sarjana  di  bidang  kreativitas,
                           pendidikan,  bisnis  dan  psikologi  telah  mengisolasi  dan
                           menggambarkan  keterampilan  kognitif  yang  sama  atau  serupa
                           (Barbero-Switalski, 2003), sebagai berikut:
                             1.  Pemikiran     diagnostik (menilai    situasi):   melakukan
                                pemeriksaan  situasi  dengan  cermat,  menggambarkan  sifat
                                masalah,  dan  membuat  keputusan  tentang  proses  yang  tepat
                                langkah yang harus diambil (rasa ingin tahu).
                             2.  Berpikir  visioner (mengeksplorasi  visi):  mengartikulasikan
                                gambar  yang  jelas  tentang  apa  yang  ingin  Anda  buat
                                (bermimpi).
                             3.  Pemikiran         strategis (merumuskan          tantangan):
                                mengidentifikasi  masalah  kritis  yang  harus  terjadi  ditangani
                                dan jalur yang diperlukan untuk bergerak menuju masa depan
                                yang diinginkan (merasakan kesenjangan).
                             4.  Pemikiran  ideasional (mengeksplorasi  ide):  menghasilkan
                                gambaran  mental  asli  dan  pemikiran  penting  menanggapi
                                tantangan (main-main).
                             5.  Berpikir  evaluatif (merumuskan  solusi):  menilai  kewajaran
                                dan  kualitas  ide-ide  untuk  mengembangkan  solusi  yang  bisa
                                diterapkan (menghindari penutupan prematur).
                             6.  Pemikiran    kontekstual    (mengeksplorasi    penerimaan):
                                memahami kondisi yang saling terkait dan keadaan yang akan
                                mendukung  atau  menghambat  kesuksesan  (sensitivitas
                                terhadap lingkungan).
                             7.  Pemikiran  taktis (merumuskan  rencana):  menyusun  rencana
                                yang  mencakup  spesifik  dan  terukur  langkah-langkah  untuk




                           44
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56