Page 51 - Teknik Creative Problem Solving
P. 51
Dina Fariza Tryani Syarif, M. Fatchurahman, Karyanti
Berdasarkan pengalaman yang luas dalam mengajar dan
meneliti model CPS, tujuh keterampilan berpikir utama
digambarkan. Tinjauan literatur yang luas telah dilakukan untuk
mengkonfirmasi apakah para sarjana di bidang kreativitas,
pendidikan, bisnis dan psikologi telah mengisolasi dan
menggambarkan keterampilan kognitif yang sama atau serupa
(Barbero-Switalski, 2003), sebagai berikut:
1. Pemikiran diagnostik (menilai situasi): melakukan
pemeriksaan situasi dengan cermat, menggambarkan sifat
masalah, dan membuat keputusan tentang proses yang tepat
langkah yang harus diambil (rasa ingin tahu).
2. Berpikir visioner (mengeksplorasi visi): mengartikulasikan
gambar yang jelas tentang apa yang ingin Anda buat
(bermimpi).
3. Pemikiran strategis (merumuskan tantangan):
mengidentifikasi masalah kritis yang harus terjadi ditangani
dan jalur yang diperlukan untuk bergerak menuju masa depan
yang diinginkan (merasakan kesenjangan).
4. Pemikiran ideasional (mengeksplorasi ide): menghasilkan
gambaran mental asli dan pemikiran penting menanggapi
tantangan (main-main).
5. Berpikir evaluatif (merumuskan solusi): menilai kewajaran
dan kualitas ide-ide untuk mengembangkan solusi yang bisa
diterapkan (menghindari penutupan prematur).
6. Pemikiran kontekstual (mengeksplorasi penerimaan):
memahami kondisi yang saling terkait dan keadaan yang akan
mendukung atau menghambat kesuksesan (sensitivitas
terhadap lingkungan).
7. Pemikiran taktis (merumuskan rencana): menyusun rencana
yang mencakup spesifik dan terukur langkah-langkah untuk
44