Page 4 - Revitalisasi Fasilitas Bimbingan dan Konseling di Sekolah
P. 4
Kata Pengantar
Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat
dan karunia-Nya sehingga buku yang berjudul: “Revitalisasi Fasilitas
Bimbingan dan Konseling di Sekolah” ini dapat diselesaikan oleh penulis.
Buku ini disusun merupakan inspirasi dari hasil penelitian yang berjudul:
“Reviltalisasi Fasilitas Pelayanan Bimbingan dan Konseling Pada Sekolah
Menengah Atas di Kota Palangka Raya” yang dibiayai oleh Universitas
Muhammadiyah Palangkaraya pada tahun 2017.
Buku ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan pemahaman
terhadap berbagai persoalan yang dihadapi oleh bimbingan dan konseling
dalam konteks pelaksaannya di lapangan, khususnya berkenaan dengan
fasilitas pelayanan berupa sarana dan prasarana bimbingan dan konseling
yang belum memenuhi standar (sesuai ketentuan yang berlaku).
Buku ini berisikan tentang (1) Pendahuluan, yang sedikit
menguraikan berbagai problematika yang dihadapi oleh bimbingan dan
konseling ketika pelaksanaannya di lapangan, baik secara eksternal maupun
internal. (2) Konsep dasar bimbingan dan konseling, yang meliputi landasan,
fungsi, prinsip dan asas serta tujuan dari bimbingan dan konseling. (3)
Komponen program bimbingan dan konseling, meliputi konsep dan
komponen program bimbingan dan konseling. (4) Pelayanan Bimbingan dan
Konseling, meliputi pengertian dan jenis-jenis pelayanan bimbingan dan
konseling. (5) Keadaan fasilitas bimbingan dan konseling saat ini, yang
menguraikan kondisi dari fasilitas bimbingan dan konseling yang
sesungguhnya terjadi di lapangan (sekolah/madrasah) berdasarkan hasil dari
beberapa penelitian. (6) Konsep revilatlisasi fasilitas bimbingan dan
konseling, menguraikan tentang pengertian dari revitalisasi, tujuan dan
ii