Page 36 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 36
analisis data kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif yaitu suatu
proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka
sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui.
Sedangkan pendekatan kualitatif disajikan dalam bentuk catatan lembar
observasi. Jadi data yang dikumpulkan dari setiap data dilakukan dianalisis
menggunakan metode Mixed Methods atau metode kombinasi antara teknik
analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif, menurut Creswell, Jhon. W
(Diplan dan Andi, 2018: 36) menyatakan bahwa. ‘’Penelitian mixed methods
adalah pendekatan untuk menyelidiki kombinasi atau asosiasi antar bentuk
kualitatif dan kuantitatif itu meliputi asumsi filosofi, menggunakan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif, dan menggabungkan kedua pendekatan dua-duanya
jadi lebih kuat dalam belajar adalah lebih besar dari pada pendekatan kualitatif
dan kuantitatif’. Jadi metode inilah yang nanti akan digunakan untuk
menemukan keberhasilan dari penerapan Model Contextual Teaching And
Learning (CTL) dengan metode demokrasi berbantuan media konkret. Adapun
teknik analisis data pada penelitian ini dapat diuraikan sebagai beriku:
a. Kualitatif
Menurut Diplan dan Andi (2018: 70) data kualitatif yaitu : ‘’ Data didapat
dari observasi mengenai aktivitas ataupun perilaku yang dimunculkan pada
saat penelitian’’. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi yang di
maksudkan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran yang
sedang di lakukan. Data kualitatif ini diperoleh dari aktivitas yang terhadap
peserta didik dan aktivitas peserta didik terhadap guru selama proses belajar
mengajar tersebut berlangsung, dengan menggunakan penerapan model
pembelajaran Contextual teaching And Learning (CTL) dengan metode
Demonstrasi berbantuan media konkret. Untuk menilai aktivitas guru dan
peserta didik dalam proses pembelajaran , maka di gunakan kriteria sebagai
berikut:
Kriteria Aktivitas Guru dan Peserta Didik
Skor Kriteria
3,5-4 Sangat Baik
3 – 3,49 Baik
2 – 2,99 Cukup Baik
1 – 1,99 Kurang
Metodologi Penelitian | 31