Page 36 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 36

analisis  data  kuantitatif  dan  kualitatif.  Pendekatan  kuantitatif  yaitu  suatu
          proses  menemukan  pengetahuan  yang  menggunakan  data  berupa  angka
          sebagai  alat  menemukan  keterangan  mengenai  apa  yang  ingin  diketahui.
          Sedangkan  pendekatan  kualitatif  disajikan  dalam  bentuk  catatan  lembar
          observasi.  Jadi  data  yang  dikumpulkan  dari  setiap  data  dilakukan  dianalisis
          menggunakan metode Mixed Methods  atau metode kombinasi antara  teknik
          analisis  kualitatif  dan  teknik  analisis  kuantitatif,  menurut  Creswell,  Jhon.  W
          (Diplan  dan  Andi,  2018:  36)  menyatakan  bahwa.  ‘’Penelitian  mixed  methods
          adalah  pendekatan  untuk  menyelidiki  kombinasi  atau  asosiasi  antar  bentuk
          kualitatif dan kuantitatif itu meliputi asumsi filosofi, menggunakan pendekatan
          kualitatif dan kuantitatif, dan menggabungkan kedua pendekatan dua-duanya
          jadi lebih kuat dalam belajar adalah lebih besar dari pada pendekatan kualitatif
          dan  kuantitatif’.  Jadi  metode  inilah  yang  nanti  akan  digunakan  untuk
          menemukan  keberhasilan  dari  penerapan  Model  Contextual  Teaching  And
          Learning (CTL) dengan metode demokrasi berbantuan media konkret. Adapun
          teknik analisis data pada penelitian ini dapat diuraikan sebagai beriku:
          a.  Kualitatif
              Menurut Diplan dan Andi (2018: 70) data kualitatif yaitu : ‘’ Data didapat
          dari  observasi  mengenai  aktivitas  ataupun  perilaku  yang  dimunculkan  pada
          saat  penelitian’’.  Data  kualitatif  diperoleh  dari  hasil  observasi  yang  di
          maksudkan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran yang
          sedang  di  lakukan.  Data  kualitatif  ini  diperoleh  dari  aktivitas  yang  terhadap
          peserta didik dan aktivitas peserta didik terhadap guru selama proses belajar
          mengajar  tersebut  berlangsung,  dengan  menggunakan  penerapan  model
          pembelajaran  Contextual  teaching  And  Learning  (CTL)  dengan  metode
          Demonstrasi  berbantuan  media  konkret.  Untuk  menilai  aktivitas  guru  dan
          peserta didik dalam proses pembelajaran ,  maka di gunakan kriteria sebagai
          berikut:

                            Kriteria Aktivitas Guru dan Peserta Didik
                         Skor                               Kriteria
                        3,5-4                             Sangat Baik

                       3 – 3,49                              Baik

                       2 – 2,99                           Cukup Baik
                       1 – 1,99                             Kurang




                                                            Metodologi Penelitian | 31
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41