Page 37 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 37

b.  Kuantitatif
              Menurut  Diplan  dan  Andi  (2018:69)  dan  kuantitatif  yaitu  :  ‘’Data  yang
          berbentuk  angka.  Data  kuantitatif  di  dapat  dari  tes,  sakal,  angket  yang  di
          berikan  kepada  peserta  didik.  Data  yang  didapat  dianalisis  secara  deskriptif
          dengan menggunakan statistik deskriptif. Mail : Mencari nilai rata-rata peserta
          didik,  presentase  keberhasilan  belajar,  hasil  analisis  skala  emosi  dll’’.  Data
          kuantitatif  diperoleh  dari  post  tes  yang  di  lakukan  di  awal  pertemuan,
          kemudian  ada  post  test  yang  dilakukan  di  akhir  pelajaran.  Hasil  tes  peserta
          didik ini dianalisis secara kuantitatif . pada akhir setiap siklus dihitung nilai rata-
          ratanya. Kemudian dideskripsikan hasil rata-rata tes peserta didik tersebut. Jika
          hasil  tes  yang  diperoleh  peserta  didik  mengalami  kenaikan  sesuai  dengan
          standar nilai yang telah ditentukan, maka asumsi dengan menerapkan model
          pembelajaran  Contextual  Teaching  And  Learning  (CTL)  dengan  metode
          demonstrasi  berbantuan  media  konkret  dapat  meningkatkan  hasil  belajar
          peserta didik. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pre test yang di lakukan di
          awal pertemuan dan post tes yang dilakukan di akhir pembelajaran.

          c.  Indikator Keberhasilan penelitian
              Penelitian  tindakan  kelas  di  katakana  berhasil  jika  memenuhi  indikator
          sebagai berikut: Aktivitas belajar baik dan  Hasil belajar: KKM mata pelajaran
          Ekonomi secara individual yaitu 60. 85% peserta didik memperoleh nilai 60





















          32 | Metode Problem Solving  Berbantuan Media Zoom Meeting
   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42