Page 37 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 37
b. Kuantitatif
Menurut Diplan dan Andi (2018:69) dan kuantitatif yaitu : ‘’Data yang
berbentuk angka. Data kuantitatif di dapat dari tes, sakal, angket yang di
berikan kepada peserta didik. Data yang didapat dianalisis secara deskriptif
dengan menggunakan statistik deskriptif. Mail : Mencari nilai rata-rata peserta
didik, presentase keberhasilan belajar, hasil analisis skala emosi dll’’. Data
kuantitatif diperoleh dari post tes yang di lakukan di awal pertemuan,
kemudian ada post test yang dilakukan di akhir pelajaran. Hasil tes peserta
didik ini dianalisis secara kuantitatif . pada akhir setiap siklus dihitung nilai rata-
ratanya. Kemudian dideskripsikan hasil rata-rata tes peserta didik tersebut. Jika
hasil tes yang diperoleh peserta didik mengalami kenaikan sesuai dengan
standar nilai yang telah ditentukan, maka asumsi dengan menerapkan model
pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan metode
demonstrasi berbantuan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pre test yang di lakukan di
awal pertemuan dan post tes yang dilakukan di akhir pembelajaran.
c. Indikator Keberhasilan penelitian
Penelitian tindakan kelas di katakana berhasil jika memenuhi indikator
sebagai berikut: Aktivitas belajar baik dan Hasil belajar: KKM mata pelajaran
Ekonomi secara individual yaitu 60. 85% peserta didik memperoleh nilai 60
32 | Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting